Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 15:50 WIB | Selasa, 30 Agustus 2016

Jokowi Dorong Terobosan Pemangkasan Mata Rantai Perdagangan

Menurut Jokowi, pemangkasan mata rantai perdagangan dari produsen hingga ke konsumen tersebut dapat menjadikan harga jual bahan komoditas menjadi semakin baik.
Presiden Jokowi memberikan sambutannya pada acara pembukaan Indonesia Fintech Festival and Conference (IFFC) yang digelar di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang, hari Selasa (30/8). (Foto: Dok. BPMI)

TANGERANG, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo mendorong adanya terobosan-terobosan yang mampu memangkas panjangnya mata rantai perdagangan dari petani maupun nelayan sampai kepada konsumen.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam sambutannya pada acara pembukaan Indonesia Fintech Festival and Conference (IFFC) yang digelar di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang, hari Selasa (30/8).

Menurut Jokowi, pemangkasan mata rantai perdagangan dari produsen hingga ke konsumen tersebut dapat menjadikan harga jual bahan komoditas menjadi semakin baik.

"Saya membayangkan nanti ada sebuah aplikasi yang bisa membantu mereka untuk mendekatkan antara produsen dengan konsumen tanpa melalui mata rantai yang panjang. Kalau itu bisa didekatkan dengan teknologi aplikasi yang cepat, saya kira ini akan sangat membantu usaha-usaha mikro, nelayan, dan petani," kata Presiden.

Lebih lanjut, Presiden berharap ke depannya muncul anak-anak muda Indonesia yang mampu membangun kerja sama dengan para nelayan, petani, maupun masyarakat kecil lainnya sehingga para pelaku usaha tersebut memiliki kekuatan untuk mengakses pasar dan layanan permodalan.

"Saya membayangkan kalau ada anak-anak muda kita yang bisa membangun sebuah korporasi nelayan, korporasi petani, sehingga mereka mempunyai skala ekonomi. Inilah saya kira hal-hal yang dulu tidak mungkin sekarang bisa dimungkinkan karena ada teknologi," katanya.

Presiden mengajak seluruh pihak untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan terobosan-terobosan yang dapat meningkatkan akses layanan keuangan bagi masyarakat Indonesia.

Presiden Jokowi juga terbuka bagi kalangan masyarakat internasional yang memiliki kemauan untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan tersebut.

"Saya mengajak semua pihak untuk turut berpartisipasi, putra-putri Indonesia, anak-anak muda yang bergerak di teknologi keuangan. Saya akan terus mengajak untuk berinovasi dalam meningkatkan inklusi keuangan kita. Kepada masyarakat internasional yang memiliki sumber daya dan solusi untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, marilah kita bangun sinergi bersama-sama," katanya.

Tampak hadir dalam acara tersebut di antaranya Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Gubernur Banten Rano Karno.(Setpres)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home