Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 12:07 WIB | Selasa, 06 September 2016

Jokowi Hadiri Pembukaan KTT ASEAN di Vientiane

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan), Wapres Jusuf Kalla (kedua kiri) dan Menko Polhukam Wiranto (kiri) berjalan menuju pesawat kepresidenan di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (2/9). Kepala Negara beserta delegasi bertolak menuju Republik Rakyat China untuk memulai kunjungan kerja menghadiri KTT G20 di Hangzhou pada 4-5 September dan di Laos menghadiri KTT ASEAN. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo yang telah tiba di Vientiane, Laos akan menghadiri pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada Selasa yang membahas pembangunan komunitas ASEAN, khususnya penggelaran Visi ASEAN 2025 dan tiga rencana induk.

KTT ASEAN ke-28 dan ke-29 yang diselenggarakan di National Convention Centre (NCC) akan resmi dibuka pada sekitar pukul 13.00 WIB.

"Dalam upacara pembukaan tersebut, Presiden Joko Widodo akan melakukan foto bersama dengan pemimpin negara-negara ASEAN lainnya," demikian siaran pers Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden yang diterima hari Selasa (6/9).

Sebelumnya, Presiden juga telah melakukan kunjungan ke Hangzhou, China guna menghadiri KTT G20 pada 2-5 September 2016.

Selama KTT ASEAN ke-28 berlangsung, Presiden Jokowi akan didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sementara itu, pada saat Presiden Jokowi bersama pemimpin ASEAN menghadiri KTT ASEAN ke-28, Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama dengan istri pemimpin ASEAN lainnya diagendakan untuk mengikuti "spouse program".

Presiden Jokowi beserta kepala pemerintahan/negara lain di ASEAN juga akan menandatangani dokumen "The ASEAN Declaration on One ASEAN, One Response: ASEAN Responding to disasters as one in the Region and outside the Region".

Setelah itu, Presiden akan langsung menghadiri ASEAN Leaders` Interface with Representatives of ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) dengan didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Pada sekitar pukul 16.40 WIB, Jokowi akan menghadiri pertemuan "ASEAN Leaders` Interface with Representatives of ASEAN Youth" yang juga akan didampingi oleh Menlu RI.

Kemudian, Presiden didampingi oleh Menlu Retno, Menteri Perdagangan Enggartiasto, dan Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong akan menghadiri pertemuan "ASEAN Leaders` Interface with ASEAN Business Advisory Council (ABAC)".

Pada Selasa petang, Presiden dan Ibu Negara akan menghadiri jamuan makan malam penyambutan oleh Perdana Menteri Republik Demokrasi Rakyat Laos sekaligus Ketua ASEAN 2016, Thongloun Sisoulith, dan istrinya Naly Sisoulith di Convention Hall, Hotel Don Chan Palace, Vientiane.

Selain itu, para pemimpin negara-negara ASEAN dalam KTT ASEAN ke-29 yang akan diselenggarakan pada Rabu (7/9) sebagai sidang terbatas akan berdiskusi tentang hubungan luar negeri ASEAN dan orientasi perhimpunan tersebut di masa depan.

Di dalamnya, para pemimpin ASEAN juga akan membahas isu regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home