Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 20:52 WIB | Sabtu, 12 April 2014

Jokowi Ingin Kabinet Presidensial yang Kuat

Calon Presiden dari PDIP Joko Widodo (Jokowi) bersama istri, Iriana Widodo, saat mencoblos di TPS 27 Kelurahan Menteng, Taman Suropati, Menteng, Jakarta, Rabu (9/4). (Foto: Elvis Sendouw)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Calon presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo, mengatakan Partai NasDem dan PDIP memiliki keinginan yang sama yakni membangun pemerintahan presidensial yang kuat.

"Kami ingin mengembalikan lagi roh presidensial yang kuat dalam pemerintahan mendatang," kata Jokowi sapaan Joko Widodo setelah bertemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, Sabtu (12/4).

Selain itu, kata Jokowi, PDIP dan Partai NasDem juga memiliki keinginan kuat untuk menyejahterakan rakyat.

Koalisi yang dibangun PDIP dan NasDem, kata Jokowi menegaskan, tidak berlandaskan transaksi. Partai NasDem sama sekali tidak membahas soal pembagian kursi menteri di kabinet.

"Kami buang jauh-jauh hubungan transaksional. Kami (PDIP dan Partai Nasdem) setuju hal itu. Kami sepakat menghindari hal itu. Saya menghargai kebesaran hati Bang Surya yang tidak mengedepankan pembahasan cawapres atau kabinet. Ini kebesaran hati seorang negarawan," kata Jokowi.

Dukung Jokowi

Sementara itu, usai pertemuan, Ketum Partai NasDem Surya Paloh, menyatakan partainya secara resmi mendukung Joko Widodo sebagai calon presiden yang diusung PDI Perjuangan dalam Pemilu 2014.

"Kami sepakat merapatkan barisan mendukung calon presiden PDI Perjuangan. Partai NasDem akan memberikan dukungan sepenuhnya," katanya.

Surya mengatakan Partai NasDem ingin membangun Indonesia menjadi lebih baik pada masa mendatang bersama PDI Perjuangan. "Kami menginginkan Indonesia ke depan lebih hebat," ujarnya.

 Selain itu, Surya mengatakan, Partai NasDem akan membahas lebih lanjut terkait perumusan konsep pemerintahan yang akan dibangun periode mendatang. Pembahasan itu, termasuk membicarakan soal calon wakil presiden (cawapres).

 "Ini masih tahapan diskusi pemikiran apakah Partai Nasdem akan endorse cawapres. Pembahasan lebih lanjut 2-3 hari ini akan dibicarakan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri," ujar Surya. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home