Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:18 WIB | Kamis, 25 Februari 2021

Jokowi: Perbaikan Tanggul Sungai Citarum Segera Selesai

Jokowi: Perbaikan Tanggul Sungai Citarum Segera Selesai
Presiden Joko Widodo ketika meninjau lokasi jebolnya tanggul Sungai Citarum di Kabupaten Bekasi. (Foto-foto: BPMI Setpres)
Jokowi: Perbaikan Tanggul Sungai Citarum Segera Selesai
Jokowi: Perbaikan Tanggul Sungai Citarum Segera Selesai
Jokowi: Perbaikan Tanggul Sungai Citarum Segera Selesai

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM- Presiden Joko Widodo menjanjikan tanggul Sungai Citarum di Bekasi yang  jebol segera selesai diperbaiki. “Insyaallah saya memberi target maksimal dua hari lagi sudah harus selesai, sehingga semuanya berfungsi normal kembali,” katanya.

 

Jokowi meninjau langsung tanggul Sungai Citarum yang terletak di Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, pada hari Rabu (24/2). Tanggul tersebut jebol pada Sabtu (20/2) malam, mengakibatkan banyak rumah di daerah sekitarnya terendam dari limpasan air Sungai Citarum.

“Ada tiga titik yang mengalami jebol tanggul seperti ini,” kata Jokowi di lokasi peninjauan. Perbaikan tanggul sudah dimulai pada dua hari yang lalu. Presiden berharap kepada jajaran terkait agar menyelesaikan perbaikan tanggul tersebut secepatnya.

 

 

Banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Citarum menyebabkan 4.867 KK dengan 9.438 jiwa mengungsi. Mereka berada di 17 titik pengungsia

 

 

 

 

Banjir juga telah mengakibatkan kerusakan sejumlah infrastruktur, termasuk rumah-rumah penduduk yang pada kesempatan itu turut ditinjau oleh Presiden. “Kemudian warga masyarakat yang terkena dampak, di sini ada 30 juga rumah juga akan segera diselesaikan dalam waktu yang secepat-cepatnya,” tandasnya.Banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Citarum juga berdampak pada 4.867 KK dengan jumlah pengungsi mencapai 9.438 jiwa. Para pengungsi tersebut kini berada di 17 titik pengungsian yang tersebar di sembilan desa yang terdampak, yakni Desa Karangsegar, Desa Sumberurip, Desa Karangharja, Desa Sumbereja, Desa Karangpatri, Desa Bantarsari, Desa Karanghaur, Desa Sumbersari, dan Desa Bantarjaya.

Berserta Presiden dalam peninjauan tersebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial, Tri Rismaharini, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home