Google+
Loading...
MEDIA
Penulis: Bayu Probo 20:08 WIB | Senin, 25 Agustus 2014

Juara Menulis Wikipedia Dihadiahi Jalan-jalan ke London

Juara Menulis Wikipedia Dihadiahi Jalan-jalan ke London
Danang Kurniawan saat di London, Sabtu (9/8). (Foto: facebook Danang)
Juara Menulis Wikipedia Dihadiahi Jalan-jalan ke London
Danang Kurniawan di STT Jakarta. Spanduk di atas adalah tentang kontes "Bebaskan Pengetahuanmu 2014", Senin (25/8). (Foto: Bayu Probo)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Danang Kurniawan tidak menduga bakal menjuarai kontes menulis artikel Wikipedia Bahasa Indonesia, “Bebaskan Pengetahuanmu 2014”. Lomba bersamaan dengan persiapan ujian kelulusan sarjananya. Namun, hadiahnya menarik jalan-jalan ke London.

Bebaskan Pengetahuan 2014 adalah ajang kompetisi menulis artikel-artikel ensiklopedia di situs Wikipedia Bahasa Indonesia. Kompetisi ini bertujuan meningkatkan jumlah kontributor sukarelawan Wikipedia bahasa Indonesia. Terutama, banyak topik penting ala ensiklopedia yang belum tersedia bagi pencari informasi.

Jumlah peserta 90 orang. Mereka dari FISIP Universitas Indonesia, Pertanian Universitas Gadjah Mada,  Universitas Sanata Dharma, Universitas Bina Nusantara, STT Jakarta, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah, Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Katolik Parahyangan, Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Padjadjaran, dan Fakultas Teknobiologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Lulusan STT Jakarta pertengahan tahun ini kepada satuharapan.com, Senin (25/8)mengungkapkan pada putaran pertama panitia memberi syarat lomba yaitu menulis 13 artikel lengkap dengan referensi dan gambar. “Saya membuat 15 artikel,” kata Danang.

Pada putaran pertama ini Danang meraih peringkat ketiga. Peringkat pertama diraih oleh Tomy Gustaviano Yeza dari Universitas Gadjah Mada. Pemenang kedua adalah Siti Kholifah dari Universitas Sanata Dharma. Pada putaran pertama ini, artikel andalan Danang adalah tentang filsafat Yunani Kuno, Stoa yang dipimpin Zeno.

Pada putaran kedua, jumlah artikel ditingkatkan, 15 artikel dengan referensi sahih dan gambar. Namun, kali ini ada syarat tambahan yaitu harus inter-wiki. “Artinya, peserta harus membuat artikel dalam dua bahasa,” kata laki-laki berumur 33 tahun ini. Ia melanjutkan, “Saya tertolong dengan menulis artikel Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa.” Artikel yang menarik dari warga GKJ Bekasi Timur ini adalah tentang Makam Ki Ageng Gribig—penyebar agama Islam di daerah Klaten, Jawa Tengah.

Pada putaran kedua ini, Tomy Gustaviano Yeza dari Universitas Gadjah Mada tampil sebagai juara pertama, Danang Kurniawan dari Sekolah Tinggi Teologi Jakarta pemenang kedua, Siti Kholifah dari Universitas Sanata Dharma sebagai pemenang ketiga, pemenang keempat dan kelima berasal dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta yakni Dhoriva, dan peringkat kelima ada Reza Abdul Aziz. Lima mendapat hadiah komputer jinjing. Penyerahan hadiah pada Rabu, 23 Mei 2014.

Yang menarik, saat hendak memasuki putaran ketiga, ada protes dari peserta lain karena beberapa peserta dianggap pernah ikut acara serupa pada tahun lalu. Misalnya, Danang—pernah ikut acara Pijar Teologi, kontes menulis artikel Teologi di Wikipedia Bahasa Indonesia.

Akhirnya, panitia memutuskan penilaian pada putaran ketiga nilai semua peserta menjadi nol. Jadi, posisi semua peserta sekarang pada posisi yang sama. Namun, rupanya tidak memuaskan beberapa peserta. Dari 90 peserta, hanya 20 yang melanjutkan hingga putaran ketiga berakhir.

Syarat pada putaran ketiga ini adalah 200 artikel. Dengan artikel andalan berjudul Cicero—filsuf, orator yang memiliki keterampilan andal dalam retorika, pengacara, penulis, dan negarawan Romawi kuno yang umumnya dianggap sebagai ahli pidato Latin dan ahli gaya prosa. Dan, dengan artikel itu, Danang memenangkan kontes. Dan, berhak untuk mengikuti konferensi internasional para penulis Wikipedia, Wikimania 2014 di London, Inggris. Danang mampu menyelesaikan 187 artikel dalam waktu 30 hari sejak  16 Mei-17 Mei 2014.

Jalan-jalan ke London

Kamis pagi (7/8) Danang tiba di Bandara Heathrow, menikmati hadiah. “Sebenarnya saya tidak terlalu berharap menjadi juara,” kata pria asal Karangnongko, Klaten ini. Ia melanjutkan, “Sebab, saya sedang mempersiapkan ujian pendadaran atas skripsi saya untuk meraih kelulusan di STT Jakarta.” Namun, ketekunannyalah yang membuat Danang memenangkan kontes.

“Saya diberi pesan Mbak Siska (Siska Doviana, Ketua Wikimedia Indonesia, Red) supaya menikmati kota London, tidak hanya mengikuti konferensi,” kata dia. Tentu saja ia memanfaatkan waktu-waktu itu untuk menyusuri kota yang sering hujan ini. “Saya menyukai Hyde Park,” kata Danang. “Sangat luas,” ia menutup pembicaraan.

Artikel terkait kiprah Yayasan Wikimedia, dapat Anda baca di:

Back to Home