Loading...
RELIGI
Penulis: Endang Saputra 08:10 WIB | Sabtu, 05 September 2015

Jumlah Jemaah Meninggal di Tanah Suci 29 Orang

Ilustrasi. (Foto:kemenag.go.id)

MAKKAH, SATUHARAPAN.COM – Jumlah jemaah calon haji Indonesia yang meninggal sejak kedatangan tanggal 21 Agustus sampai dengan 4 September pukul 20.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau Sabtu pukul 00.00 WIB mencapai 29 orang, sebagian besar atau 15 orang meninggal di Madinah, Arab Saudi.

"Hari ini dua jemaah meninggal di pemondokan di Madinah akibat penyakit jantung," kata Penghubung Kesehatan Daerah Kerja (Daker) Makkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1436H/2015M Ramon Andrias, di Makkah, Arab Saudi, hari Jumat (4/9).

Sedangkan kemarin (3/9) empat jemaah meninggal meninggal di Makkahm dua diantaranya meninggal dalam perjalanan dari Madinah ke Makkah, dan dua lainnya meninggal di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) dan RS Arab Saudi. Selain itu ada juga jemaah yang meninggal di Madinah akibat penyakit jantung di RS Arab Saudi.

"Sebagian besar jemaah meninggal karena penyakit jantung dan saluran pernafasan," kata Ramon.

jemaah yang meninggal di Makkah, hari Jumat, adalah Kamsidi bin Marjan Karsorejo (63 tahun) dari embarkasi Surabaya (SUB026) meninggal pukul 04.11 WAS dab Fachrur Rasyid Nasution bin Malim (63 tahun) dari embarkasi Medan (KNO011) meninggal pukul 08.30 WAS. Keduanya meninggal saat masih berada di pemondokan, di Madinah.

Sementara enam orang yang meninggal kemarin, Kamis (3/9) adalah Muhammad Ali bin Sakdin (60 tahun) dari embarkasi Batam (BTH007) karena penyakit jantung dan Mastuyo bin H Hamzainur Rahman (44) dari embarkasi Surabaya (SUB 07) karena masalah pernapasan. Keduanya meninggal di RS Arab Saudi.

Empat orang lainya meninggal di Makkah, dua diantaranya dalam perjalanan yaitu Nurdin bin Yahya (72 tahun) dari embarkasi Batam (BTH 001) karena penyakit jantung dan Sueb bin Muhammad Tahir (83 tahun) dari embarkasi Lombok (LOP 003) karena ada gangguan pada saluran pernafasan. Dua lainnya meninggal di BPHI yaitu Fahmi bin Muhammad Ihsan (75 tahun) dari embarkasi Padang (PDG 002) akibat penyakit jantung dan Dariman Maksib binti Maksip (48 tahun) dari embarkasi Padang (PDG 002) akibat penyakit jantung. Sebelumnya pada Selasa (2/9) total jemaah calon haji yang meninggal mencapai 21 orang.

Kepala Seksi Kesehatan Daker Makkah PPIH Thafsin Alfarizi mengimbau agar di tengah udara panas Tanah Suci, jemaah mengurangi aktivitas yang tidak perlu, terutama di siang hari dan banyak mengkonsumsi air putih.

"Jangan pakai baju tebal dan hindari sengatan matahari langsung, serta banyak minum air putih agar tidak dehidrasi," kata Thafsin (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home