Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 10:05 WIB | Rabu, 04 April 2018

Kabinet Jepang Setujui Rancangan Acara Turun Takhta Kaisar

Kaisar Akihito (kanan) bersama Putra Mahkota Naruhito. (Foto: Dok satuharapan.com/askanews.it)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Kabinet Jepang pada hari Selasa (3/4/2018) menyetujui rancangan dasar serangkaian upacara dan kegiatan turun takhta Kaisar Akihito dan naik takhta Putra Mahkota Naruhito yang berlangsung tahun depan.

Berdasarkan rancangan tersebut, upacara dan acara akan digelar berdasarkan prinsip-prinsip Konstitusional dengan menghormati adat dan tradisi Rumah Tangga Kekaisaran.

Upacara turun takhta yang akan digelar pada 30 April 2019 tersebut akan menjadi yang pertama dalam sejarah Konstitusi Jepang. Putra Mahkota akan menjadi kaisar baru dalam ritual yang berlangsung 1 Mei 2019. Kaisar akan mengumumkan turun takhta kepada rakyat Jepang dan seluruh dunia dalam sebuah upacara yang digelar 22 Oktober 2019. Secara keseluruhan lima upacara akan digelar dalam kapasitas acara kenegaraan.

Dalam rapat Kabinet hari Selasa itu juga disetujui bahwa Festival Daijosai pada bulan November 2019 diselenggarakan sebagai acara Rumah Tangga Kekaisaran dan didanai oleh pemerintah, seperti halnya saat Kaisar Akihito dulu naik takhta.

Sempat ada gugatan hukum di seluruh penjuru negeri saat Kaisar yang sekarang naik takhta karena upacara digelar sebagai acara kenegaraan dan pemerintah mendanai Daijosai. Para penggugat menilai hal itu melanggar prinsip dasar Konstitusi yang memisahkan negara dan agama serta kedaulatan rakyat, tapi semua gugatan tersebut ditolak. (nhk.or.jp)

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home