Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 09:49 WIB | Kamis, 12 April 2018

Kaisar Jepang Jalani Acara Tahunan Tanam Padi

Kaisar Akihito menjalani tradisi tahunan tanam padi di kompleks Istana Kekaisaran Jepang, menaikkan doa agar panen kelak berhasil baik. (Foto: sankei.com)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Kaisar Jepang Akihito menanam benih padi di sebuah fasilitas berupa petak khusus di Istana Kekaisaran dalam upacara tahunan, sebuah upacara doa, harapan  bagi hasil panen yang baik.

Angin bertiup kencang pada Rabu (11/4/2018) siang, seperti dilaporkan Kantor Berita NHK, ketika Kaisar yang mengenakan jaket, berjalan menuju fasilitas tersebut.

Ia berjongkok dan menanam dua jenis benih padi hasil panen Istana tahun lalu. Ia menanam sekitar 180 benih di lahan berukuran 30x30 sentimeter.

Pada bulan Mei, ia akan mengambil tunas yang tumbuh dan menanamnya di sawah di Istana. Padi tersebut akan dipanen pada musim gugur dan digunakan dalam ritual Festival Panen di Istana pada bulan November.

Mengutip dari lama International Rice Research Institute, beras memainkan peran penting dalam sejarah berdirinya Jepang. Menurut mitologi Jepang, Amaterasu, dewa utama agama Shinto dan Dewi Matahari dan alam semesta memberi salah satu keturunannya nasi. Keturunan itu adalah Jinmu, kaisar pertama Jepang yang legendaris. Kaisar Jinmu ditugaskan untuk mengubah Jepang menjadi tanah beras.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home