Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 01:06 WIB | Rabu, 15 Februari 2017

Kakak Tiri Kim Jong-Un Tewas Diracun di Malaysia

Sebuah tayangan TV di Stasiun Kereta Api Seoul di Seoul, Selasa, 14 Februari 2017, menayangkan gambar pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan kakaknya Kim Jong Nam (kiri). (Foto: AP/Ahn Young-joon)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM - Kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un dibunuh di Malaysia, menurut lansiran kantor berita Korea Selatan Yonhap pada Selasa (14/2).

Yonhap mengutip pernyataan narasumber pemerintah Seoul yang mengatakan Kim Jong-Nam tewas pada Senin (13/2). Narasumber itu tidak memberikan informasi lebih lanjut.

Para pejabat di Seoul belum memberikan pernyataan mengenai kasus tersebut.

Kim Jong-Nam (45) diracun dua perempuan tidak dikenal dengan menggunakan jarum beracun di bandara di Kuala Lumpur, menurut lembaga penyiaran Korea Selatan TV Chosun.

Laporan tersebut, yang katanya mengutip beberapa narasumber pemerintah, mengatakan kedua perempuan itu memanggil taksi dan segera melarikan diri.

Di Malaysia, kepala polisi yang bertugas di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Irjen Polisi Abdul Aziz Ali, mengatakan kepada AFP seorang warga Korea berusia empat puluhan ditemukan sakit di bandara pada Senin.

Otoritas bandara bergegas membawanya ke rumah sakit dan dia meninggal dalam perjalanan, kata polisi tersebut.

“Kami tidak memiliki informasi rinci mengenai pria Korea ini. Kami tidak tahu identitasnya,” kata Abdul.

Kim Jong-Nam pernah dianggap sebagai kemungkinan calon pemimpin Korea Utara, tapi dia tidak dilirik ayahnya Kim Jong-Il menyusul upaya gagal pada 2001 untuk memasuki Jepang dengan paspor palsu dan berkunjung ke Disneyland.

Dia sejak saat itu mengasingkan diri, terutama di wilayah Tiongkok, Makau. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home