Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 12:24 WIB | Rabu, 13 Januari 2021

Kalung Pintar Terjemahkan Gonggongan Anjing

Moon Sae-mi mencoba kalung bertenaga AI Petpuls, dengan anjingnya, Godot, dalam demonstrasi di Seoul, Korea Selatan, 11 Januari 2021. (REUTERS/KIM HONG-JI)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM - Perusahaan rintisan Korea Selatan mengembangkan kalung leher dengan kecerdasan buatan (AI) untuk mendeteksi lima emosi anjing dengan memantau suara gonggongan menggunakan teknologi pengenalan suara.

Kerah Petpuls dapat memberitahu pemilik piaraan lewat aplikasi di ponsel pintar apakah anjing mereka merasa senang, santai, cemas, marah atau sedih. Kalung itu juga melacak aktivitas fisik serta waktu istirahat anjing.

"Perangkat ini memberikan suara kepada anjing agar manusia memahaminya," kata direktur marketing global Petpuls Lab, Andrew Gil, kepada Reuters.

Perusahaan ini mulai mengumpulkan bermacam gonggongan yang berbeda untuk menganalisis emosi anjing pada 2017. Tiga tahun kemudian, mereka mengembangkan algoritme berdasarkan data lebih dari 10.000 sampel dari 50 ras anjing.

"Saya kira dia hanya senang ketika bermain dan sedih serta cemas ketika saya sedang tidak di rumah... ternyata dia merasa marah ketika kalah saat bermain dengan saya, sama seperti manusia," kata Moon Sae-mi, yang memelihara anjing Border Collie.

Tingkat akurasi kalung tersebut dalam mengenali emosi anjing rata-rata 90 persen, kata Seoul National Unviersity, yang menguji perangkat tersebut.

Petpuls Lab menjual kalung anjing itu mulai Oktober tahun lalu dengan harga 99 dolar AS.

"Makin banyak orang mengadopsi anjing, tapi sayangnya sebagian menelantarkan anjing akibat miskomunikasi," kata Gil. "Petpuls bisa punya peran penting selama pandemi... memantau pemilik mengerti apa yang dirasakan anjing dan mendekatkan mereka."

 

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home