Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 18:47 WIB | Rabu, 27 Mei 2015

Kanada Evakuasi 7.000 Warga karena Kebakaran Hutan

Ilustrasi: Pemerintah Provinsi Alberta di Kanada mengevakuasi warga Nordegg dan Lodgepole dari ancaman kebakaran hutan yang berisiko melalap rumah dan bangunan usaha, pada 13 Mei lalu. (Foto: cbc.ca)

OTTAWA, SATUHARAPAN.COM - Hampir 7.000 orang di Provinsi Alberta, Kanada, berhasil dievakuasi dari ancaman kebakaran hutan yang berisiko melalap sejumlah rumah dan bangunan usaha, termasuk kilang minyak di wilayah tersebut, kata pejabat pada Selasa (26/5).

Lebih dari 1.600 petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan 70 titik kebakaran hutan, 55 kobaran api di antaranya dipicu sambaran petir pada Minggu (24/5).

Sejak saat itu, larangan berskala provinsi mengenai api unggun di wilayah perkemahan dan halaman belakang rumah diterbitkan, dan pemerintah mempertimbangkan untuk meminta bantuan dari Amerika Serikat dan Meksiko, menghadapi 20 kebakaran hutan “tidak terkendali”.

Kobaran api merambah dalam jarak 20 kilometer dari sejumlah rumah atau kilang minyak, ujar Menteri Kehutanan Oneil Carlier dalam sebuah percakapan telepon singkat.

Sekitar 2.000 pekerja dievakuasi dari sejumlah kilang minyak Cenovus dan Canadian Natural Resources Limited di wilayah Cold Lake, saat kebakaran seluas 10.000 hektare berisiko memutus satu-satunya jalan masuk.

Kedua kilang tersebut menyumbang 233.000 barel minyak per hari atau 10 persen dari total produksi hulu minyak di wilayah tersebut.

Kedua kilang minyak tersebut tidak terancam. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home