Loading...
DUNIA
Penulis: Kaviel Alawy 18:06 WIB | Kamis, 25 Agustus 2016

Kanada Izinkan Polisi Perempuan RCMP Pakai Hijab

Untuk mencerminkan keragaman, polisi RCMP Kanada mengizinkan polisi perempuan mengenakan hijab. (Foto: RCMP)

KANADA, SATUHARAPAN.COM - Kepolisian Kanada yang tergabung dalam Royal Canadian Mounted (RCMP) membuat kebijakan baru untuk mengizinkan polisi perempuan yang beragama Islam mengenakan hijab. Kebijakan ini memperbarui seragam ikonik polisi Kanada untuk “lebih mencerminkan keragaman” di kalangan masyarakat.

“Komisioner RCMP baru-baru ini menyetujui penambahan seragam ini,” kata juru bicara Menteri Keamanan Publik, Ralph Goodale kepada AFP hari Rabu (24/8).

"Hal ini dimaksudkan untuk lebih mencerminkan keragaman dalam masyarakat kita dan mendorong lebih banyak perempuan Muslim untuk mempertimbangkan RCMP sebagai pilihan karir."

Kebijakan itu diam-diam diberlakukan meskipun faktanya belum ada petugas yang diminta untuk mengenakan hijab pada awal tahun ini.

Selama dua tahun terakhir ini, sudah ada 30 orang petugas yang meminta kelonggaran aturan dengan alasan agama ataupun budaya, seperti diberitakan oleh koran Montreal, La Presse. Menambahkan bahwa jenis hijab yang akan menjadi bagian seragam harus bisa dilepas dengan mudah dan cepat jika diperlukan.

RCMP menjadi polisi ketiga di Kanada setelah Toronto dan Edmonton, untuk menambahkan opsi hijab pada seragam mereka.

Sebelumnya seragam RCMP - sutra tunik merah, sepatu boots dan topi bertepi lebar - telah mengalami pembaharuan terakhir pada tahun 1990, di mana petugas Sikh diizinkan untuk mengenakan turban. (aljazeera)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home