Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 06:48 WIB | Jumat, 21 Agustus 2020

Kapal Berbendera Panama Dibajak Kelompok Perompak di Somalia

Pada puncak kekuasaan mereka pada tahun 2011, perompak Somalia melancarkan 237 serangan di lepas pantai Somalia, kata Biro Maritim Internasional, dan menahan ratusan sandera. (Foto: dok. AP)

MOGADISHU,SATUHARAPAN.COM-Perompak Somalia telah membajak sebuah kapal berbendera Panama, kata seorang pejabat regional pada hari Kamis (20/8), pembajakan pertama sejak 2017.

Kapal sedang melakukan perjalanan dari Uni Emirat Arab ke pelabuhan Mogadishu ketika tampaknya mengalami masalah mekanik, kata Musse Salah, gubernur wilayah Gardafu di wilayah semi-otonom di utara Puntland.

Kapal itu diserang oleh enam perompak pada Rabu (19/8) malam, katanya. Jumlah dan kewarganegaraan awak tidak jelas tetapi diskusi sedang dilakukan untuk membebaskan mereka, katanya.

Pada puncak kekuasaan mereka pada tahun 2011, perompak Somalia melancarkan 237 serangan di lepas pantai Somalia, kata Biro Maritim Internasional, dan menahan ratusan sandera.

Serangan kemudian mereda dengan tajam, terutama karena perusahaan pelayaran menerapkan protokol keamanan yang lebih baik, termasuk memasang pengawasan, berlayar lebih jauh dari Somalia, dan menyewa petugas keamanan swasta. Kapal perang internasional yang beroperasi sebagai bagian dari koalisi juga membantu menurunkan jumlah serangan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home