Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 06:25 WIB | Jumat, 03 Juli 2015

Kapal Feri Tenggelam di Filipina, 36 Korban Nyawa

Ilustrasi kapal. (Foto: istimewa)

MANILA, SATUHARAPAN.COM – Sebanyak 36 orang meninggal dunia dalam musibah tenggelamnya kapal feri yang membawa 189 orang tenggelam dalam gelombang tinggi yang terjadi di lepas pantai Filipina tengah. Seperti diberitakan AFP, Kamis (2/7) kapal motor MBCA Kim-Nirvana, yang membawa 173 penumpang dan 16 awak, tiba-tiba terbalik beberapa menit setelah meninggalkan pelabuhan Ormoc.

Juru bicara penjaga pantai Armand Balilo mengatakan 127 orang selamat, namun ia tidak memberikan keterangan mengenai upaya penyelamatan mereka, sementara 26 lagi masih hilang.

"Pencarian dan penyelamatan masih berlangsung. Untuk sementara, kami menduga kejadian itu akibat gelombang besar," kata Rey Gozon, direktur kantor pertahanan sipil wilayah tersebut.

Setiap tahun, sejumlah orang, terkadang ratusan, tewas dalam kecelakaan kapal feri di Filipina, negara kepulauan dengan 7.100 pulau yang memiliki catatan buruk keselamatan maritim.

Kelebihan muatan merupakan hal biasa terjadi, dan banyak kapal yang berada dalam kondisi buruk.

Balilo mengatakan pihak berwenang masih mencari berbagai kemungkinan penyebab kecelakaan itu, termasuk faktor kesalahan manusia dan cuaca buruk. (Ant/AFP).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home