Loading...
DUNIA
Penulis: Wiwin Wirwidya Hendra 09:30 WIB | Rabu, 08 Mei 2013

Kapal Kargo Hantam Menara Kendali, 3 Tewas

Kapal Kargo Hantam Menara Kendali, 3 Tewas
Kapal Jolly Nero milik Messina & Co. menabrak menara kendali di Pelabuhan Genoa, Italia, kemarin malam, Selasa (7/5),pukul 23.00 waktu setempat. (dok. BBC)
Kapal Kargo Hantam Menara Kendali, 3 Tewas
Menara kendali di Pelabuhan Genoa, Italia, yang ditabrak kapal kargo Jolly Nero. Reruntuhan bangunan kemudian jatuh ke perairan. (dok. BBC)

GENOA, SATUHARAPAN.COM – Setidaknya tiga orang tewas dan beberapa lainnya dinyatakan hilang pasca-kecelakaan yang dialami kapal container, yang menghantam menara kendali di Pelabuhan Genoa, Italia, Selasa (7/5) kemarin, pukul 23.00 waktu setempat atau pukul 21.00 WIB.

Salah satu sisi menara yang ditabrak kapal pengangkut Jolly Nero tersebut dikabarkan rubuh dan jatuh ke perairan. Sekita 10 orang sedang berada di dalam menara tersebut pada saat kejadian.

Empat orang diantaranya sudah dilarikan ke rumah sakit, seperti dituliskan dalam surat kabar Italia, Corriere Della Sera, Selasa (7/5) kemarin.

Pemilik kapal, Stefano Messina, yang tiba di lokasi kejadian sesaat setelah tabrakan terlihat menitikkan air matanya ketika diwawancara oleh para jurnalis. Ia mengatakan, “Kami semua terkejut dengan kejadian ini, apalagi kecelakaan semacam ini tidak pernah terjadi sebelumnya, dan saya sendiri sudah putus asa.”

Salah satu korban meninggal dikabarkan adalah seorang perempuan  berusia 30an tahun sementara dua lainnya adalah pria.

Layanan darurat gedung menara kendali mengatakan bahwa saat kejadian, cuaca memang buruk, dan beberapa penghuni gedung saat ini masih terjebak di dalam lift. Kecelakaan ini terjadi bertepatan dengan pergantian shift kerja malam hari, dan itu artinya, karyawan di dalam menara kendali ada dalam jumlah yang lengkap dan banyak.

Seperti dikatakan sumber BBC, struktur bangunan yang berdiri tegak 45 derajat itu kemudian rubuh dan beberapa bagiannya terjatuh ke dalam laut.

Saat ini, Tempat Kejadian Perkara masih dalam proses identifikasi pihak keamanan dan kepolisian pelabuhan Genoa sementara nahkoda masih diwawancarai dan bangkai kapal sudah dipindahkan ke daratan.

Kapal Jolly Nero yang merupakan milik firma Italia Ignazio Messina &Co. memiliki panjang 240 meter dengan bobot 40,500 ton. Pada saat kejadian, kapal tersebut sedang menuju Messina, Sisilia.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home