Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 18:45 WIB | Selasa, 28 Juli 2015

Kapolri: Rasio Ideal 1 Polisi Banding 250 Penduduk

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Badrodin Haiti. (Foto: dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

SEMARANG, SATUHARAPAN.COM – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Badrodin Haiti, mengatakan rasio ideal polisi dan penduduk adalah satu banding 250 hingga 300 orang. Namun, hal tersebut sulit terwujud, karena terkendala masalah anggaran.

“Rasio ideal polisi dan penduduk yakni satu banding 250 atau 300. "Tidak ditingkatkan menjadi kondisi ideal karena memang anggaran tidak mencukupi," kata Kapolri usai memberi pengarahan pada taruna TNI-Polri yang akan dilantik menjadi perwira di Akademi Kepolisian Semarang, hari Selasa (28/7).

"Bisa saja tambah personel, tetapi anggarannya hanya untuk belanja pegawai saja. Untuk operasional tidak ada," dia menambahkan.

Selain itu, menurut Badrodin, penambahan personel agar memenuhi kategori ideal juga belum tentu menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada, mengingat kondisi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Oleh karena itu, daripada menambah jumlah personel, Polri mengambil kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan sumber daya manusia. "Misalnya, rata-rata lama pendidikan ditambah tujuh bulan," kata Badrodin. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home