Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:30 WIB | Minggu, 07 Juli 2019

Kapusdatinmas BNPB Sutopo Purwo Nugroho Meninggal Dunia

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Puwo Nugroho, meninggal dunia Minggu, 7 Juli 2019 di Guangzhou, China. (Foto: Dok satuharapan.com/rri.co.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, berpulang pada hari Minggu, 7 Juli 2019, sekitar pukul 02.20 waktu Guangzhou atau sekitar pukul 01.20 WIB.

Humas BNPB menerima kabar Sutopo telah meninggal dunia dari keluarga, secara langsung dari istrinya, Retno Utami Yulianingsih, juga melalui akun twitter putranya.

Sutopo meninggal dunia saat sedang menjalani pengobatan penyakit kanker yang dideritanya di St Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, China, sejak 15 Juni 2019. Kanker yang dideritanya telah menyebar ke tulang dan beberapa organ vital tubuh.

 Sejak divonis kanker akhir Desember 2017, ia masih terus gigih dalam melakukan upaya pengobatan maupun dalam menginformasikan berbagai kejadian bencana yang terjadi di Indonesia selama 2018 hingga pertengahan 2019. Bahkan ia masih sempat melakukan konferensi pers secara bersinambungan pada saat terjadi bencana gempa bumi Lombok dan gempa bumi Palu di tengah rasa sakit yang menderanya.

“Kami, kita, semua merasa kehilangan Pak Sutopo. Sosok yang terdepan dan gigih dalam menyampaikan informasi bencana di Indonesia,” demikian siaran pers BNPB, yang dilansir bnpb.go.id, “Semoga amal ibadah almarhum selama hidupnya diterima di sisi Allah Swt dan bagi keluarga yang ditinggalkan agar tabah dan sabar dalam menghadapi musibah ini.”

Menurut keterangan pihak keluarga, jenazah akan disemayamkan di kediaman Sutopo di Raffles Hills Blok i6 No 15 Harjamukti, Cimanggis, Sukatani, Tapos, Kota Depok, Jawa Barat.

Senin, 8 Juli pagi, jenazah akan dibawa ke Boyolali, Jawa Tengah, untuk dimakamkan.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home