Loading...
BUDAYA
Penulis: Ignatius Dwiana 22:21 WIB | Jumat, 14 Maret 2014

Karya Pelukis Kolombia Pedro Ruiz Dipamerkan di Galeri Nasional

Karya Pelukis Kolombia Pedro Ruiz Dipamerkan di Galeri Nasional
Menikmati karya Pedro Ruiz dengan kaca pembesar sehingga dapat mengetahui bentuk detilnya. (Foto-foto: Ignatius Dwiana)
Karya Pelukis Kolombia Pedro Ruiz Dipamerkan di Galeri Nasional
Cartagena de Indies.
Karya Pelukis Kolombia Pedro Ruiz Dipamerkan di Galeri Nasional
Sagrada Familia (Keluarga Kudus), reproduksi karya Gregorio Vasquez.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Tiga puluhan karya pelukis Kolombia Pedro Ruiz dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia Jakarta. Kegiatan pameran Pedro Ruiz bertema ‘ORO: Jiwa dan Alam dari sebuah Wilayah’ ini diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Kolombia di Indonesia dan berlangsung dari Kamis (6/3) sampai Senin (17/3).

Pihak penyelenggara pameran menyebutkan tema Oro dipilih karena Oro dalam bahasa Spanyol berarti emas. Karena emas itu ibarat kekayaan yang luar biasa seperti  halnya alam Kolombia. Kekayaan itu hadir pula dalam karakter orang Kolombia yang semulia emas. Seperti terbuka dan murah senyum.

Disebutkan pihak penyelenggara dalam menikmati karya-karya realisme naturalis Pedro Ruiz ini diperlukan kaca pembesar untuk dapat melihatnya dengan lebih detil. Karena sebagian besar obyek lukisan Pedro Ruiz kecil. Dijelaskan bahwa filosofi di balik karya ini untuk memandang lebih luas kehidupan melalui obyek kecil.

‘ORO: Jiwa dan Alam dari sebuah Wilayah’ telah dipamerkan di sejumlah tempat dari 2009 hingga 2013. Seperti MAMBO di Bogota, Museum Bolivarian di Santa Marta, Museum Seni Pereira, Biara Santa Klara di Kartagena, Forum Ekonomi Dunia di Kartagena, Seminari Tinggi Bogota, dan Galeri Arte Consultores. Di level internasional di Pusat Kebudayaan Santo Domingo di Oaxaca Meksiko, Galeri Prado 19 Ateneo di Madrid Spanyol, dan Spanish Royal Academy di Roma Italia.

Pemerintah Perancis pada 2010 menganuderahi seniman Kolombia ini Knight of Order of Arts and Letters. Penghargaan lain yang juga dianugerahkan kepadanya datang dari National Salon of Artist of Colombia pada 1988.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home