Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 14:00 WIB | Sabtu, 09 Februari 2019

Karya Seni Milik George Michael Siap Dilelang

Penyanyi Inggris George Michael tampil di konsel amal untuk AIDS di Paris pada 9 September 2012. (Foto: apnews.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Kumpulan karya seniman kontemporer paling terkenal di Inggris milik George Michael akan dilelang pada bulan Maret di London, menurut juru bicara Christie’s pada Jumat (8/2).

Lelang akan diisi karya-karya Damien Hirst, Tracey Emin, Sarah Lucas, dan beberapa seniman yang masuk golongan “Seniman Muda Inggris." Karya-karya seniman tersebut sama halnya dengan lagu-lagu George Michael dinilai telah membangkitkan dunia seni Inggris di kurun waktu 1980-an dan 1990-an.

Cristian Albu, kepala bagian seni pascaperang dan kontemporer balai lelang Christie's, mengatakan koleksi yang akan dilelang itu adalah karya seni yang menggambarkan keadaan Inggris di tahun 1990-an.

Dia mengatakan George Michael ingin "ikut memeriahkan saat di mana kehidupan baru dihembuskan ke London," dengan membeli karya seniman-seniman itu yang kemudian menjadi teman-temannya.

"Awalnya dia diperkenalkan pada Tracey Emin dan sejak saat itulah cerita dimulai," kata Albu. “Tracey lalu memperkenalkan Michael ke seluruh anggota geng... diajak ke sanggar seni mereka dan mereka menonton konser Michael.”

Lebih dari 200 karya akan dilelang di Christie’s, seperti karya Damien Hirst berjudul "The Incomplete Truth," sebuah kotak kaca berisi seekor merpati yang diawetkan. Karya seni ini diperkirakan bisa laku 1 juta hingga 1,5 juta pound atau sekitar 17 hingga 26 miliar rupiah.

Ada juga karya Tracey Emin yang mengungkapkan gambaran dirinya sendiri, sebuah selimut bersulam berjudul "Drunk to the Bottom of My Soul" diperkirakan mampu terjual dikisaran 180.000 pound hingga 250.000 pound.

Beberapa karya dari seniman dan pelukis Michael Craig-Martin seorang mentor Seniman Muda Inggris juga akan ditawarkan dalam lelang, seperti pop art-style potret diri George Michael yang diperkirakan bisa mencapai 60.000 pound.

Albu mengatakan koleksi-koleksinya juga menggambarkan selera humor Michael. Pada tahun 1998, seniman ini ditangkap di Los Angeles oleh seorang polisi yang menyamar karena perilaku cabul di toilet umum. Michael menyindir peristiwa yang mengancam karirnya itu lewat sebuah lagu dan videoklip berjudul "Outside." Dia lalu memperoleh tiga karya Craig-Martin: sebuah karya bertuliskan "Seks"; sebuah lagi diberi judul "God," yang menggambarkan urinoir; dan satunya lagi lukisan borgol.

"Dia mengambil momen itu dan mengubahnya menjadi lelucon, kemudian dia mengubah lelucon itu menjadi seni yang luar biasa," kata Albu.

Balai lelang Christie’s akan memamerkan dahulu koleksi milik George Michael itu dalam tur internasional sebelum acara pelelangan di London pada 14 Maret 2019, Pameran akan diadakan di New York, Los Angeles, Hong Kong dan Shanghai. Beberapa koleksi juga akan dijual dalam lelang online yang berlangsung 8-15 Maret.

Nama George Michael mulai populer pada 1980-an dengan duo pop Wham! dan kemudian menjual lebih dari 100 juta keping album ke seluruh penjuru dunia. Dia meninggal pada 25 Desember 2016, diusia 53 tahun, karena penyakit jantung dan penumpukan lemak di hati. (apnews.com/Sebastian Widagdo)

 

Back to Home