Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 19:55 WIB | Kamis, 12 September 2019

Karya Tulis tentang Citarum Raih Best Paper dalam Simposium Internasional

Ilustrasi. Gedung Universitas Maranatha Bandung. (Foto: maranatha.edu)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM – Karya tulis berjudul “Cleaning Citarum River for the Future of West Java” yang ditulis oleh Gai Subagya Suhardja PhD, Kepala Bidang Pusat Budaya  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UK Maranatha, berhasil meraih predikat best paper dalam simposium internasional “Waterside City – Environmental History Research Toward Future”.

Simposium ini diselenggarakan College of History and Culture Hebei Normal University (HNU), 23–26 Agustus 2019 di Kota Zhengding, Tiongkok. UK Maranatha adalah salah satu partisipan dari Indonesia, bersama dengan 70 partisipan dari berbagai negara.

Gai dalam karya tulisannya “Cleaning Citarum River for the Future of West Java” memaparkan hasil penelitian mengenai Sungai Citarum di Jawa Barat, mulai dari gambaran kondisi Citarum yang telah puluhan tahun terpolusi limbah, hingga adanya program “Citarum Harum” yang digiatkan pemerintah. Gai selaku aktivis Citarum Harum juga memaparkan gagasan mengenai daerah aliran Sungai Citarum seluas 20.000 hektare di kawasan Kota Baru Parahyangan hingga Walini sebagai kota terpadu dengan konsep smart city.

“Simposium ini mengundang penulis-penulis dari banyak negara yang berbeda latar belakang keilmuan. Ada riset mengenai sungai di negara mereka masing-masing, tentang pembersihan sampah, pengolahan air minum, air irigasi perkebunan agroindustri, wisata air, transportasi, pembangunan energi listrik, dan lain-lain,” kata Gai.

“Penilaian paper dilakukan oleh tim observasi reviewer yang terdiri atas enam orang guru besar berbeda latar belakang. Professor Max Aguero Fernandez dari Universitas Ricardo Palma, Peru menyatakan ada lima paper terpilih, dari 70 paper yang dicetak dalam proceeding,” katanya.

Liu Xiangyang, Associate Professor Hebei Normal University, selaku ketua panitia simposium dalam ringkasannya menyebutkan, simposium ini juga membahas pencapaian terbaru dari penelitian sejarah lingkungan berdasarkan penelitian akademis, menyajikan tren terbaru studi kasus empiris, dan aplikasi spesifik metode interdisipliner, serta menunjukkan kesalahpahaman akademik yang perlu diatasi dan dihindari dalam proses penelitian.

Membandingkan pengelolaan air dan kota di beberapa negara, Gai menyatakan Indonesia memiliki harapan, dengan syarat mentalitas individu masyarakatnya perlu berubah untuk kepekaan pelestarian ekologi lingkungan hidup.

“Potensi alam kita luar biasa, demikian pula potensi keragaman budaya yang bisa menjadi unggulan. Bila dikelola secara terintegrasi dan terpadu, niscaya Indonesia khususnya Jawa Barat yang dikenal sejuk dan tanahnya subur akan menjadi daya tarik wisata dunia yang sangat hebat,” kata Gai. (maranatha.edu)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home