Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:04 WIB | Rabu, 09 Mei 2018

Kasus Talasemia Jabar Tertinggi se-Indonesia

Ilustrasi. Kasus talasemia Jabar tertinggi se-Indonesia. (Foto: Antaranews.com/talasemia.org)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM – Yayasan Thalasemia Indonesia mencatat Jawa Barat menjadi provinsi dengan kasus talasemia tertinggi se-Indonesia dengan jumlah penyandang mencapai 40 persen dari total sekitar 9.000 kasus secara nasional.

"Di Jawa Barat penyandang talasemia mencapai 40 persen dari angka nasional atau sekitar 3.264 orang," kata Konsultan Hematologi Onkologi dari Rumah Sakit Umum Pemerintah Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Susi Susanah saat perayaan Hari Talasemia Internasional di Trans Studio Mall, Kota Bandung, Selasa (8/5).

Susi mengatakan, talasemia merupakan suatu penyakit kelainan darah merah yang diidap seseorang akibat faktor genetika. Kelainan darah ini ditandai oleh kondisi sel darah merah yang mudah rusak, tanpa dibarengi perkembangan sel-sel darah merah baru.

Seseorang yang mengidap talasemia diindikasikan mengalami kerusakan sel darah merah dengan cepat, hingga tiga kali lipat dari orang normal pada umumnya. 

"Jika sel darah nornal memiliki umur 90- sampai 120 hari, maka sel darah merah penderita talasemia hanya bertahan 23 hari," kata dia.

Menurutnya, penyandang talasemia atau Taller sangat bergantung pada transfusi darah dan obat-obatan. Dalam sebulan mereka harus melakukan transfusi darah satu hingga empat kali bergantung pada kerusakan yang dialaminya.

Selain itu, Taller juga sangat bergantung pada kandungan zat besi yang terkandung dalam tubuhnya. Kata dia, kelebihan zat besi dapat berakibat fatal terhadap organ tubuhnya seperti jantung, hati, dan limpa.

"Setiap Taller harus mengonsumsi obat kalsum besi, atau penurun zat besi. Besi yang seharusnya terserap malah menumpuk di jantung, hati, dan limpa. Itu berbahaya karena bisa menyangkut dengan nyawa si Taller," kata dia.

Pengobatan pun tergolong sangat mahal. Dalam satu bulan Taller harus mengeluarkan biaya paling minimal Rp10 juta untuk tranfusi darah dan obat-obatan lainnya.

Tak hanya itu, para Taller juga tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi. Adapun makanan yang dilarang seperti telur, ikan, daging, hingga sayuran hijau.

"Inilah faktor penentu kelangsungan hidup para penyandang talasemia," kata dia.

Menurut dia, Jawa Barat masuk dalam wilayah yang masuk dalam garis sabuk talasemia dunia. Dengan kata lain, tidak ada daerah di Jabar yang bebas dalam kasus penyandang talasemia.

Berdasarkan catatannya, di Bandung Raya jumlah penyandang talasemia berjumlah sekitar 800 orang. Sementara di Kota Bandung ada sekitar 300 orang, yang sebagian besarnya berobat ke RSHS.

Menurut Riskesdas 2007, 8 provinsi dengan prevalensi lebih tinggi dari prevalensi nasional, antara lain Provinsi Aceh (13,4 persen), DKI Jakara (12,3 persen), Sumatera Selatan (5,4 persen), Gorontalo (3,1 persen), Kepulauan Riau (3,0 persen), Nusa Tenggara Barat (2,6 persen), Maluku (1,9 persen), dan Papua Barat (2,2 persen).

Sedangkan berdasarkan data RSCM, sampai dengan bulan Oktober 2016 terdapat 9.131 pasien talasemia yang terdaftar di seluruh Indonesia.

"Belum ada obat yang bisa menyembuhkan talasemia. Jadi mereka akan menanggungnya hingga akhir hayat," kata dia.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk memutus mata rantai itu melalui pernikahan. Kata dia, talasemia dapat dicegah dengan upaya deteksi dini yakni dengan menghindari pernikahan sesama penyandang atau pembawa sifat talasemia.

Seseorang yang menikah dengan sesama penyandang talasemia dapat dipastikan keturunannya bakal mengidap kelainan serupa bahkan lebih parah dibanding orang tuanya.

Sementara apabila Taller menikah dengan orang normal, kesempatan memiliki keturunan yang bebas dari talasemia cukup tinggi.

"Kalau calon ibu dan ayah ingin tetap menikah kemungkinan anaknya lahir 25 persen normal, 50 persen pembawa sifat, dan 25 persen akan melahirkan talasemia mayor," katanya.

Untuk itu, ia menyarankan sebelum menikah, calon pasangan melakukan screening atau mengetes darah untuk bisa mengetahui potensi penurunan penyakit talasemia pada keturunannya.

"Deteksi dininya screening sebelum menikah," kata dia. (Antaranews.com/depkes.go.id

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home