Loading...
INSPIRASI
Penulis: Irvin Tolanda 07:27 WIB | Selasa, 09 Mei 2017

Katakan dengan Bunga

Ketika nada dan kata tak lagi dapat terucap, biarkan bunga yang bicara.
Foto: istimewa

SATUHARAPAN.COM – Dalam kesedihan dan dalam duka/Dalam kebahagiaan dan dalam tawa/Bunga ungkapkan rasa itu/Dalam kecewa akan asa/Dalam bangga akan cita/Bunga ungkapkan rasa itu.

Entah sejak kapan bunga telah digunakan sebagai simbol untuk mengungkapkan isi hati manusia. Mereka yang sedang dilanda duka karena ditinggalkan orang yang dikasihi, penaburan bunga di tempat peristirahatan Sang Kekasih menjadi ungkapan duka dan cinta yang dalam serta rasa kehilangan yang sangat. Seseorang pria yang tengah dilanda cinta, akan mengekspresikannya dengan memberikan bunga kepada wanita yang dikasihinya. Biasanya menggunakan bunga mawar merah yang harum sebagai ungkapan hasrat cinta yang dalam.

Bahkan beberapa negara di dunia menggunakan bunga sebagai penggambaran dari karakteristik bangsanya. Seperti Belanda dengan bunga tulipnya menggambarkan kesetiaan, cinta dan keindahan hidup. Jepang dengan bunga sakuranya mengeksperesikan ikatan antarmanusia, keberanian, kesedihan, dan kegembiraan. Sedang Indonesia dengan bunga melatinya, yang menjadi gambaran akan kesucian. Bunga dengan berbagai jenis, variasi dan warna sanggup menggambarkan jutaan perasaan dalam diri manusia.

Begitu bermaknanya bunga dalam mengungkapan perasaan, menjadikan sebagian warga Jakarta baru-baru ini mengirimkan bunga kepada Gubernur dan Wakil Gubernurnya yang akan mengakhiri masa kepemimpinan dan pelayanannya beberapa bulan mendatang. Karangan bunga yang dikirimkan jumlahnya tidak tanggung-tanggung, mencapai kurang lebih 5000 karangan bunga. Imbasnya, hingga kini Balaikota dan beberapa ruas jalan disekitarnya dijejeri dengan karangan bunga menjadi tempat kunjungan wisata yang baru. Ini belum pernah terjadi sebelumnya terhadap siapa pun, bahkan sejak bangsa ini berdiri. Juga di beberapa daerah sekarang ini banyak warga yang memberikan dukungan kepada Kapolri dan Panglima ABRI untuk mempertahankan NKRI dalam bentuk karangan bunga.

Bahasa bunga memang merupakan bahasa yang sangat indah, begitu lembut, dan memesonakan serta penuh kedamaian. Bahkan Henry Ward Beecher mengatakan: ”Flowers are the sweetest things God ever made and forgot to put a soul into.” Berbicaralah dan katakanlah dengan bunga, karena bunga akan menampilkan sejuta pesona jiwa kita yang tidak terungkapkan!  

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home