Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 10:50 WIB | Selasa, 16 April 2019

Katedral Notre-Dame di Paris Terbakar

Katedral Notre-Dame di ibu kota Prancis, Paris, yang dikunjungi jutaan wisatawan setiap tahun, hari Senin (15/4/2019), terbakar. (Foto: BreakingNews.ie)

PARIS, SATUHARAPAN.COM – Berbagai kalangan, mulai dari pejabat, tokoh agama dunia, hingga warga kebanyakan mengatakan sedih dan terpukul dengan kebakaran yang melanda Katedral Notre-Dame di ibu kota Prancis, Paris, hari Senin (15/4).

Penyebab kebakaran belum dapat dipastikan. Namun, pejabat setempat menyatakan kemungkinan terkait dengan pekerjaan renovasi.

Pihak pemadam kebakaran Paris menyatakan struktur utama bangunan telah berhasil “diselamatkan dan dipertahankan”.

Tahun lalu, Gereja Katolik di Prancis meminta dana untuk menyelamatkan bangunan katedral yang mulai hancur.

Vatikan menyampaikan kesedihan yang mendalam, sementara kanselir Jerman, Angela Merkel, mengatakan rakyat Jerman merasakan kesedihan rakyat Prancis.

Merkel mengatakan Katedral Notre-Dame adalah simbol kebudayaan Eropa.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengatakan sangat sedih melihat katedral terbakar.

Badan Kebudayaan PBB, UNESCO, mengatakan bertekad menyelamatkan Notre-Dame bersama rakyat Prancis.

Pejabat gereja ikonik di pusat Kota London, Westminster Abbey, mengatakan mereka sangat terpukul dengan kebakaran yang melanda Katedral Notre-Dame.

Seorang saksi mata di Paris mengatakan, “Jika Anda merasa perlu untuk berdoa, saatnyalah untuk berdoa.” Banyak pengunjung yang menangis melihat api berkobar.

Kebakaran yang bermula pada Senin sore waktu setempat atau Selasa dini hari WIB, memusnahkan sebagian besar atap. Menara pada atap ini sudah ambruk.

Muncul kekhawatiran api merembet ke bagian dalam, menghancurkan artefak-artefak penting yang memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, yang telah mengunjungi katedral, mengatakan sangat sedih dengan insiden kebakaran itu.

Jutaan wisatawan mengunjungi katedral itu setiap tahun.

Warga dunia mengenal katedral antara lain dari novel karya Victor Hugo berjudul The Hunchback of Notre Dame. (bbc.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home