Google+
Loading...
EKONOMI
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:20 WIB | Selasa, 04 Desember 2018

KBRI Pimpin Misi Bisnis Penerbangan Langsung Singapura-Bandung

Ilustrasi. Dubes RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya (tengah) dengan beberapa pengusaha Singapura. (Foto: Dok. KBRI Singapura)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM – Setelah peluncuran rute Singapura-Tanjung Pandan (P. Belitung) pada tanggal 29 Oktober lalu, Garuda Indonesia  memperkuat jaringan konektivitas dengan membuka penerbangan langsung Singapura-Bandung yang akan dilayani empat kali dalam seminggu dengan pesawat B737-800 NG.

Penerbangan perdana ini diikuti oleh Dubes RI untuk Singapura Ngurah Swajaya,  yang sekaligus memimpin misi bisnis dari Singapura yg diikuti 18 pengusaha, untuk menjajagi peluang kerja sama bisnis di berbagai bidang. 

"Disamping potensi kerja sama investasi dan perdagangan, pembukaan penerbangan langsung juga diharapkan memberikan sumbangan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan manca negara (wisman) guna terealisasinya target 20 juta, Bandung sangat potensial bagi kunjungan Wisman dan potensi peningkatan kerja sama ekonomi lainnya dan hal ini ditunjukkan dengan penuhnya penumpang penerbangan perdana  Garuda", kata Dubes Ngurah di sela-sela penerbangan, dalam rilisnya yang dilansir dari KBRI Singapura pada Minggu (2/12).

Dengan adanya penerbangan langsung dan regular tersebut, aksesibilitas Bandung dan Jawa Barat semakin terbuka bagi pelaku usaha dan wisatawan Singapura.

Dari sisi investasi, total realisasi investasi Singapura di Jawa Barat sampai dengan kuartal ketiga 2018 sebesar USD 1,064 miliar (Rp 15 triliun) 15,152untuk 620 proyek. Untuk Bandung sendiri, total realisasi investastasi Singapura bernilai USD 3,393 juta (Rp56 miliar)untuk 32 proyek. Secara keseluruhan, untuk periode Januari-September 2018, total realisasi nilai investasi Singapura mencapai USD 6,70 miliar (Rp95 triliun), meningkat 10 persen dari periode yang sama tahun 2017, yaitu USD 6,12 miliar(Rp87 triliun).

Demikian pula dengan perdagangan yang potensinya masih dapat ditingkatkan. Total perdagangan Indonesia dengan Singapura periode Januari-September 2018 sebesar USD 25,4 miliar (Rp36,1 triliun), yang mengalami peningkatan sebesar 18,2 persen dibanding periode yang sama tahun lalu atau sebesar USD 21,5 miliar (Rp30,6 triliun).

Sedangkan di sektor pariwisata, jumlah wisatawan asal Singapura ke Indonesia pada Januari-Juli 2018 mencapai 929.106 orang, atau naik 9.6 persen  dibanding periode yang sama tahun 2017.

Sementara itu VP untuk kawasan Asia Garuda Indonesia, Wayan Subagia, menilai rute baru merupakan bagian dari komitmen Garuda dalam pilihan tujuan yang lebih luas di Indonesia dan memberdayakan Changi sebagai salah satu Airport hub , yang memiliki 60 juta penumpang per tahunnya

"Hal-hal seperti ini adalah kongkrit dan merupakan manifestasi nyata Indonesia Incorporated, dimana Garuda Indonesia bekerjasama dengan KBRI Singapura untuk meningkatkan jumlah wisman sekaligus untuk meningkatkan potensi kerja sama perdagangan dan investasi,“ kata Wayan.

Dubes Ngurah juga mengatakan, bahwa kunjungan misi bisnis juga didukung oleh Bank Indonesia perwakilan Singapura dan Jawa Barat. Hal ini menunjukkan upaya yg sinergis dilakukan KBRI Singapura dengan berbagai pemangku kepentingan terkait, termasuk BUMN di Singapura untuk merealisasikan berbagai program dan sasaran kerja sama bidang ekonomi oleh pemerintah RI.

“Berbagai kerja sama konkrit yg akan dibahas dalam kunjungan ini mencakup bidang-bidang, mulai dari potensi ekspor sayur dan buah organik dari Jawa Barat, hingga kerja sama bidang ekonomi digital dan kerja sama lainnya untuk merealisasikan berbagai kesepakatan dan target yg telah dihasillan pertemuan retreat antara Presiden Joko Widodo dengan PM Singapura di Bali, Oktober lalu, “ katanya. 

 

Back to Home