Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 11:04 WIB | Rabu, 04 Mei 2016

Kebakaran Landa Sepuluh Hektar Hutan India Utara

Ilustrasi: Kebakaran di sebuah hutan di India. (Foto: thehindu.com).

HIMACHAL PRADESH, SATUHARAPAN.COM – Sebuah kebakaran yang melanda hampir sepuluh hektar dalam beberapa jam terjadi di  hutan di kota Shimla, negara Himachal Pradesh, India bagian Utara.

Petugas Kehutanan Shimla,  Ranbir Kanwar, mengatakan bahwa penyebab kebakaran itu belum jelas. “Kami akan melakukan  prosedur pemadaman dan penyelamatan korban jiwa. Kami akan menyelidiki untuk mengetahui penyebab kebakaran, untuk saat ini kita tidak bisa mengatakan apa yang menyebabkan kebakaran," kata Kanwar seperti yang dia jelaskan di situs berita TRT World, hari Senin (3/5).

Warga Shimla, Mohammad Gulfam, menjelaskan kebakaran hutan  terjadi  pada malam hari dekat daerah  makam tua di pinggiran kota. “Saya melihat api di hutan dan saya memanggil personel hutan, dan setelah pemadam kebakaran datang  kobaran api  dapat dikendalikan," kata  Mohammad Gulfam.

Gulfam menjelaskan warga setempat bahu membahu dengan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api secara manual menggunakan cabang-cabang pohon.

TRT World menyoroti daerah tersebut memiliki sisi kontradiktif karena di areal hutan namun ada permukiman warga dan rumah sakit jiwa. 

Wilayah India Utara dalam catatan TRT World selama sepekan terakhir dilanda suhu panas yang hampir mencapai 45 derajat celsius. Meningkatnya suhu dan musim kering yang berkepanjangan membuat hutan lebih rentan terhadap terbakar. Selain itu dilaporkan negara bagian Uttarakhand berjuang memadamkan api yang melanda hutan di wilayah tersebut. 

Puluhan ribu petugas pemadam kebakaran bersama dengan tim dari Response Angkatan Bencana Nasional (NDRF) dan Angkatan Udara India telah dikerahkan untuk memadamkan api. (trtworld.com).

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home