Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:52 WIB | Jumat, 07 September 2018

Kebakaran Museum Brasil Hancurkan 700 Artefak Kuno Mesir

Ilustrasi. Pemadam kebakaran menyemprotkan air setelah api melalap Museum Nasional Brasil di Rio de Janeiro, 4 September 2018. (Foto: Voaindonesia.com)

RIO DE JANEIRO, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Purbakala Mesir menyatakan suatu laporan pendahuluan, menunjukkan bahwa kebakaran yang melalap Museum Nasional Brasil menghancurkan seluruh artefaknya, termasuk yang berada di Aula Firaun, yang menyimpan 700 benda koleksi.

Menurut pernyataan pada Kamis (7/9), misi diplomatik Mesir di Brasil sedang berkomunikasi dengan kepala Departemen Mesir Kuno di museum tersebut untuk mengetahui persis kerusakan terhadap koleksi Mesir itu.

Mostafa Waziri, Sekjen Dewan Purbakala Tertinggi, mengemukakan, sebagian besar benda koleksi itu dibeli oleh Kaisar Brasil Dom Pedro 1 dari para pedagang barang antik pada abad ke-19.

Ia mengatakan, di antara koleksi itu terdapat lima mumi, satu di antaranya dipersembahkan dalam peti mati aslinya kepada Dom Pedro II oleh Wakil Raja Mesir Ismail Pasha, dalam suatu lawatan ke Timur Tengah.

Kebakaran pada Minggu (2/9) lalu menghancurkan museum berusia 200 tahun yang menyimpan sekitar 20 juta benda koleksi itu. (Voaindonesia.com)

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home