Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:18 WIB | Senin, 13 Juli 2020

Kelompok Pro Demokrasi Hong Kong Gelar Pemilu Pendahuluan

Orang-orang memakai masker wajah karena wabah penyakit virus corona (COVID-19) antre untuk memilih dalam pemilihan pendahuluan yang bertujuan memilih kandidat demokrasi untuk pemilihan September, di Hong Kong, pada Minggu (12/7/2020). (Foto: Reuters)

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM-Ratusan ribu penduduk Hong Kong datang pada akhir pekan untuk memilih dalam pemilihan umum tidak resmi yang diadakan oleh kubu pro-demokrasi di kota itu ketika bersiap untuk mengajukan kandidat pemilihan legislatif mendatang.

Pemilihan itu diadakan dua pekan setelah Beijing memberlakukan undang-undang keamanan nasional yang merusak status “satu negara, dua sistem” untuk wilayah semi-otonom itu sejak Inggris menyerahkan Hong Kong ke China tahun 1997.

Pemilihan oleh kelompok pro demokrasi ini digelar sebagai tanggapan atas protes besar-besaran tahun lalu yang menyerukan demokrasi yang lebih besar dan akuntabilitas polisi yang lebih besar.

Orang-orang terlihat berbaris di tempat pemungutan suara di musim panas untuk memilih meskipun ada peringatan pekan lalu oleh menteri urusan konstitusional Hong Kong, Eric Tsang, bahwa pemilihan pendahuluan bisa melanggar undang-undang keamanan nasional yang baru, karena melanggar larangan dan gangguan tugas oleh pemerintah setempat.

Panitia menolak berkomentar, mengatakan mereka hanya ingin meminta pertanggungjawaban pemerintah dengan mendapatkan mayoritas di legislatif.

Undang-undang baru ini melarang apa yang dilihat Beijing sebagai kegiatan separatis, subversif atau teroris atau sebagai intervensi asing dalam urusan Hong Kong. Di bawah undang-undang itu, polisi memiliki kekuatan besar untuk melakukan pencarian tanpa surat perintah dan memerintahkan penyedia layanan internet dan platform untuk menghapus pesan yang dianggap melanggar undang-undang.

Pada hari Jumat (10/7), polisi menggerebek kantor Lembaga Penelitian Opini Publik, salah satu penyelenggara pemilihan pendahuluan. Sistem komputer itu dicurigai diretas, menyebabkan kebocoran data, kata polisi dalam sebuah pernyataan, dan penyelidikan sedang berlangsung.

Kamp pro demokrasi Hong Kong, yang mencakup banyak partai, sedang berusaha untuk menggabungkan kekuatan dan menggunakan pemilihan pendahuluan sebagai panduan untuk mengajukan kandidat terbaik dalam pemilihan legislatif resmi pada bulan September. Tujuannya adalah untuk memenangkan mayoritas di legislatif, yang biasanya condong ke kubu pro Beijing.

Untuk mengadakan pemilihan pendahuluan, para aktivis pro demokrasi telah mengumpulkan uang melalui dana masyarakat. Mereka berjanji untuk memveto anggaran pemerintah jika mereka meraih mayoritas di legislatif. Di bawah konstitusi mini Hong Kong, yang dikenal sebagai Hukum Dasar, pemimpin kota harus mengundurkan diri jika hal penting seperti anggaran diveto dua kali.

Pada hari Sabtu (11/7) saja, hampir 230.000 orang memberikan suara di tempat pemungutan suara yang diadakan di seluruh kota, melebihi perkiraan penyelenggaraan dari jumlah pemilih sebanyak 170.000 selama akhir pekan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home