Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 09:31 WIB | Jumat, 10 Juni 2016

Kelompok Teroris Surabaya Rencanakan Aksi pada Ramadan

Ilustrasi. (Foto: Dok.satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Tiga terduga teroris yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri pada hari Rabu (8/6) di Surabaya, Jawa Timur, berencana menjalankan aksi pemboman ketika Ramadan.

“Mereka berencana akan melakukan aksi amaliyah di bulan suci terutama di Surabaya," kata Kadivhumas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar, di Mabes Polri, Jakarta, hari Kamis (9/6).

Hal tersebut, kata dia, terungkap dari hasil pemeriksaan ketiganya.

Kelompok ini rencananya melakukan aksi pemboman di tempat-tempat umum dan kantor Kepolisian. "Mereka ingin melakukan aksi mirip seperti peristiwa bom Thamrin," katanya seperti dikutip dari Antara.

Dalam rencana tersebut, ketiganya juga mempersiapkan peralatan bom bunuh diri.

Pada hari Rabu (8/6), Densus 88 dibantu Polda Jatim menangkap tiga terduga teroris berinisial PHP, JR dan FN.

PHP ditangkap di Kenjeran, Surabaya. PHP merupakan residivis kasus narkoba. Ia dipenjara di LP Porong dan dibebaskan pada April 2014. Selama di Lapas Porong, PHP sering terlihat bersama Maulana Yusuf Wibisono dan Shibgotuloh.

“PHP sering terpantau bersama Maulana Yusuf dan Shibgotuloh," kata Boy.

Shibgotuloh merupakan mantan napi kasus terorisme yang terlibat dalam perampokan Bank CIMB Niaga di Medan, Sumut. Sementara Maulana Yusuf Wibisono alias Kholis merupakan mantan anggota Jamaah Islamiyah jaringan Abu Dujana.

Sementara itu JR ditangkap di Jalan Kalianak, Surabaya. JR diketahui merupakan buronan Polres Malang karena terlibat kasus pengeroyokan dan KDRT.

Sedangkan FN ditangkap di rumahnya di Dukuh Setro, Kecamatan Tambaksari, Surabaya.

Dalam penangkapan ketiganya, disita beberapa barang bukti yakni tiga bom aktif berdaya ledak tinggi, dua senjata api laras panjang, satu senjata api laras pendek dengan amunisi, bahan peledak, cairan kimia, kabel, sangkur, ponsel sebagai alat pemicu ledakan.

“Barang bukti kini diamankan di Mako Brimob Surabaya," katanya.                                                         

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home