Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 19:52 WIB | Minggu, 02 Desember 2018

Keluarga Susun Rencana Pemakaman untuk George HW Bush

George HW Bush, Presiden ke-41 Amerika Serikat, di kursi roda yang didorong putra sulungnya, George W Bush, Presiden ke-43 Amerika Serikat, menghadiri rangkaian acara pelepasan jenazah Barbara Bush, yang meninggal 17 April 2018. (Foto: AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM – Perincian mengenai acara pemakaman mantan presiden AS George HW Bush, yang meninggal dunia pada Jumat (30/11) dalam usia 94, sedang disusun oleh Keluarga Bush, kata Departemen Pertahanan, Sabtu (1/12).

Jenazah Bush, yang menjabat sebagai presiden pada 1989-1993, akan dilepas dalam upacara kenegaraan pada Rabu (5/12) di Katedral Nasional di Washington, disusul dengan penguburan pada Kamis (6/12) di perpustakaan kepresidenannya di Texas.

Setelah upacara kedatangan di Ibu Kota AS pada Senin (3/12), jenazahnya akan disemayamkan di Capitol Rotunda. Masyarakat bisa mengantre untuk melayat dan melihat peti jenazah Bush dari Senin malam sampai Rabu pagi.

Gedung Putih pada Sabtu mengumumkan Presiden AS Donald Trump akan menghadiri pemakaman itu.

Juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, mengatakan dalam pernyataan bahwa Rabu telah ditetapkan sebagai hari berkabung nasional. Sanders juga mengumumkan bendera-bendera di Gedung Putih telah diturunkan ke setengah tiang untuk menghormati Bush.

Upacara pemakaman kenegaraan biasanya diadakan bagi presiden atau mantan presiden atau para pejabat lain yang ditetapkan oleh presiden.

Menurut situs itu, pemakaman kenegaraan adalah acara yang berlangsung antara tujuh sampai sepuluh hari dan mencakup tiga tahapan: upacara-upacara di negara bagian tempat pejabat itu tinggal, upacara-upacara di Washington, DC, dan upacara-upacara di negara bagian tempat individu itu telah memilih untuk dikebumikan. (Voaindonesia.com)

Back to Home