Loading...
RELIGI
Penulis: Melki Pangaribuan 11:57 WIB | Selasa, 24 November 2020

Kemenag akan Gelar Colloquium Kerukunan - Moderasi Beragama

Sekjen Kemenag Nizar (Foto: Kemenag)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Colloquium Kerukunan dan Moderasi Beragama pada 25 November 2020. Menag Fachrul Razi dan Menlu Retno Marsudi dijadwalkan hadir sebagai pembicara kunci.

Seminar daring ini akan menghadirkan para tokoh agama sebagai narasumber, di antaranya Prof Dr Nasaruddin Umar, MA (Islam), Pdt Dr Henriette Hutabarat Lebang, MA (Kristen), Prof Dr Romo Franz Magnis Suseno, SJ (Katolik), Dr AAK Diatmika (Hindu), Bhante Tejavaro (Buddha), dan Xs Budi S. Tanuwibowo (Khonghucu).

Sekjen Kemenag Nizar mengatakan colloquium tokoh agama digelar dalam rangka menguatkan moderasi beragama (MB) di Indonesia.

Menurutnya, penguatan MB perlu menjadi gerakan bersama seluruh komponen masyarakat dan pemerintah dalam rangka merawat kerukunan.

"Penguatan moderasi beragama dan kerukunan penting agar umat beragama di Indonesia terus dan selalu mengedepankan kasih sayang, tenggang rasa, dan gotong-royong, sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila dan ajaran semua agama yang membawa misi perdamaian dan keselamatan," ujarnya di Jakarta, Senin (23/11).

Colloquium mengangkat tema "Kerukunan dan Moderasi Beragama dalam Konteks Kemajemukan Indonesia". Moderasi dan kerukunan beragama diperlukan sebagai strategi kebudayaan dalam merawat keindonesiaan.

"Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana saling berbagi tentang penguatan praktik kerukunan dan moderasi beragama antar umat di Indonesia," tutur Nizar.

"Melalui giat ini, kami mengajak masyarakat luas untuk selalu mengedepankan nilai-nilai toleransi, kasih sayang, saling menghormati, tenggang rasa, dan gotong-royong, serta turut berkontribusi secara signifikan terhadap ketertiban dan perdamaian dunia," sambungnya.

Colloquium Kerukunan dan Moderasi Beragama ini terbuka bagi umum untuk bergabung melalui aplikasi zoom yang disediakan panitia. Giat ini juga akan disiarkan secara langsung melalui Youtube Kemenag RI.

 

BPK Penabur-Start Up
Zuri Hotel
Back to Home