Google+
Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 07:49 WIB | Sabtu, 26 November 2016

Kemenag akan Luncurkan iSantri Digital Corner

Santri menulis mushaf Alquran dalam kegiatan "Pencanangan Budaya, Menulis Mushaf Alquran" yang diselenggarakan di Kementerian Agama dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kepala Sub Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama (Kasubdit PD Pontren Kemenag), Ahmad Zayadi, mengatakan Kemenag melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren akan segera merilis aplikasi media sosial untuk santri bernama, iSantri.

Dia mengatakan aplikasi sosial media ini akan dirilis pertama kali oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin di Pesantren Salafiyah Syafiiyah Situbondo, Jawa Timur, hari Senin (28/11).

"iSantri adalah Aplikasi Sosial Media berbasis buku dan kitab digital, dilengkapi dengan digital library. Aplikasi ini berisi beragam kitab, buku pelajaran, buku sains dan buku penunjang lain yang bisa dipinjam dan dibaca oleh santri/siswa untuk belajar mandiri serta memperkaya pengetahuan," kata Ahmad Zayadi, Jumat (25/11).

Menurut Ahmad Zayadi, rilis ini juga akan ditandai dengan peresmian digital corner. Digital corner ini nantinya akan menjadi media dan penunjang kegiatan belajar mengajar para santri. "iSantri Digital Corner merupakan dynamic library yang disediakan di area Pondok Pesantren/Madrasah (dalam dan luar gedung perpustakaan) untuk memberikan akses kepada para santri/siswa membaca lewat iSantri,” dia menambahkan.

"iSantri Digital Corner sekaligus menjadi ruang untuk diskusi dan pengembangan literasi santri/siswa dan guru,” dia menambahkan.

Aktivitas yang bisa dilakukan di iSantri Digital Corner ini antara lain baca e-book lewat iSantri, diskusi seputar buku yang sedang dibaca, serta pelatihan dan workshop.

Selain merilis iSantri Digital Corner, Menag secara simbolis juga akan menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) tahap II kepada santri Salafiyah Syafiiyah Situbondo. Ada sekitar 91.448 KIP yang dibagikan pada tahap II ini ke para santri yang tersebar di seluruh Indonesia. (kemenag.go.id)

Editor : Sotyati

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
7 Dasawarsa BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home