Google+
Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 17:54 WIB | Sabtu, 08 Juli 2017

Kemenag Bantu Pembangunan Lima Rumah Ibadah di Jakabaring

Menteri Agama Lukman bersama Gubernur Sumsel Alex Noerdin hadir dalam pembukaan Ustawa Dharmagita di Jakabaring Palembang. (Foto: kemenag.go.id/Khoiron)

PALEMBANG, SATUHARAPAN.COM - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan bahwa di Jakabaring Sport City Palembang yang sedang dipersiapkan untuk venue Asian Games 2018, akan dibangun lima rumah ibadah sekaligus dalam satu komplek yang berdekatan.

Gubernur menegaskan bahwa hal ini baru ada di Indonesia dan sekaligus menjadi wujud kerukunan umat beragama di Sumatera Selatan.

“Di Jakabaring dengan bantuan Menag akan dibangunkan lima rumah ibadah. Cari di seluruh dunia, (apakah) ada lima rumah ibadah yang berdampingan,” kata Alex Noerdin saat memberi sambutan selamat datang pada Pembukaan Utsawa Dharma Gita di Jakabaring, Palembang, Jumat (7/7).

“Kami sudah mempraktikkan keberagaman sejak lama. Di sini kami saling menghargai dan membantu. Yang datang ke sini silahkan pilih. Islam masuk masjid, Kristen dan Katolik gereja, Hindu ada pura, dan seterusnya,” sambungnya.

Alex Noerdin menilai bahwa keberadaan lima rumah ibadah ini nantinya akan menambah makna bagi kehidupan keberagaman yang nyata di Sumatera Selatan.

Menurut dia, kerukunan di Sumatera Selatan tidak hanya retorika saja dan termasuk daerah yang belum pernah terjadi kerusuhan antar umat dan etnis.

“Terima kasih kepada TNI, Polri dan semua warga yang menjaga keberagaman dan kerukunan di Sumsel,” kata dia.

Sebelumnya, Kakanwil Kemenag Sumsel Al-Fajri Zabidi mengatakan hal yang sama. Menurutnya, sebagai penanda kerukunan antar umat, di Jakabaring Sport City tengah dibangun lima rumah ibadah yang dipusatkan di satu lokasi.

Atas dukungan Menag, Fajri menyampaikan terima kasih sehingga Kemenag Sumsel dapat merealisasikan pembangunan lima rumah ibadah.

“Mudah-mudahan keberadaannya jadi simbol sekaligus memacu motivasi untuk terus meningkatkan kerukunan di Sumsel,” kata Al-Fajri Zabidi. (kemenag.go.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja

Back to Home