Loading...
RELIGI
Penulis: Melki Pangaribuan 21:00 WIB | Selasa, 13 Oktober 2020

Kemenag Cari Pemuda Khonghucu Teladan 2020

Plt. Sekjen Kemenag Nizar. (Foto: Kemenag)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pusat Bimbingan dan Pendidikan (Pusbimdik) Khonghucu tengah mencari pemuda Khonghucu teladan. Pencarian ini dikemas dalam Pemilihan Pemuda Khonghucu Teladan tahun 2020.

Plt Sekjen Kemenag Nizar mengatakan, pemuda merupakan elemen penting dalam kemajuan bangsa. Untuk mewujudkan bangsa yang tangguh dan memiliki daya saing tinggi, peran serta generasi muda tidak bisa ditawar lagi. Terlebih dalam sebuah bangsa yang majemuk seperti Indonesia, baik dari unsur agama, suku, ras, budaya maupun golongan.

“Partisipasi aktif seluruh elemen pemuda sangat dibutuhkan, tidak terkecuali dari kalangan pemuda Khonghucu. Indonesia butuh pemuda Khonghucu yang aktif, dinamis, inovatif dan memiliki jiwa nasionalisme,” tegas Nizar di Jakarta, Selasa (13/10).

“Peran dan kontribusi pemuda Khonghucu dalam pembangunan bangsa selama ini, perlu diapresiasi,” lanjutnya.

Kepala Pusbimdik Wawan Djunaedi menambahkan, ajang ini terbuka seluruh pemuda Khonghucu. Untuk perlombaannya, ada sejumlah kriteria penilaian, antara lain: keterlibatan dalam organisasi sosial masyarakat, keterlibatan dalam bidang pendidikan formal atau nonformal, serta keaktifan dalam dunia wirausaha.

Penilaian lainnya terkait keterlibatan dalam promosi dan edukasi nilai-nilai sosial, budaya, agama dan kebangsaan melalui akun media sosial (medsos). Termasuk dinilai juga keaktifan dalam kegiatan seminar/workhop/pelatihan.

“Prestasi dalam bidang akademik, seni budaya, olah raga atau lainnya juga akan dinilai. Demikian juga karya ilmiah, baik berupa buku, artikel jurnal, artikel popular atau lainnya. Ini dibuktikan dengan scan asli sampul/bagian muka karya ilmiah,” urainya

“Peserta juga diminta menyusun makalah yang berkaitan dengan program inovasi atau pemberdayaan komunitas, minimal 2500 kata,” lanjutnya.

Dokumen yang dikirimkan akan dinilai oleh dewan juri yang beranggotakan unsur Kemenag, Bappenas, Kementerian Pemuda dan Olahraga, akademisi, dan rohaniwan Khonghucu.

Info selengkapnya, baca: Juklak Anugerah Pemangku Kepentingan Pembangunan Bidang Agama dan Pendidikan Agama Khonghucu

Wawan menambahkan, pengiriman berkas dilakukan pada 5 – 31 Oktober 2020 melalui email pusbimdik.khonghucu@kemenag.go.id. Berkas yang masuk akan dilakukan verifikasi dan penilaian untuk mendapat lima peserta terbaik. Lima peserta terpilih rencananya akan diumumkan pada 3 November. Mereka harus mengikuti tahapan presentasi pada 10 November untuk memilih pemuda Khonghucu teladan 2020. 

“Pengumuman pemenang pada 1 Desember dan penghargaan akan diberikan pada  puncak perayaan Hari Amal Bakti Kementerian Agama 2021,” katanya. (Kemenag)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home