Google+
Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 17:08 WIB | Jumat, 17 Februari 2017

Kemendag Berkomitmen Tingkatkan Kinerja Perdagangan

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, Karyanto Suprih (tengah) bersama Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Oke Nurwan (kiri) dan Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Syahrul Mamma (kanan) menggelar media briefing di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, hari Jumat (17/2). (Foto: kemendag.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, Karyanto Suprih menegaskan jajaran Kemendag akan terus mengoptimalkan tiga mandat utama yang ditugaskan Presiden Joko Widodo.

Ketiga mandat tersebut yaitu menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga bahan pokok dan barang penting, meningkatkan ekspor dan surplus neraca perdagangan, serta membangun dan memfasilitasi pasar rakyat.

"Capaian kinerja perdagangan Indonesia selama 2016 cukup menggembirakan. Kondisi perdagangan dalam negeri tetap stabil dan aman, inflasi terjaga, dan neraca perdagangan nasional mencatatkan surplus. Namun demikian, Kemendag berkomitmen terus meningkatkan kinerja perdagangan di tahun 2017," kata Karyanto Suprih di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, hari Jumat (17/2).

Karyanto mengatakan, Kemendag akan melaksanaan Rapat Kerja (raker) Kemendag yang bertema "Tata Perdagangan untuk Gerakkan Ekonomi Domestik dan Tingkatkan Ekspor". Raker Kemendag akan berlangsung pada 20-22 Februari 2017, di Hotel Borobudur, Jakarta.

"Raker Kemendag Tahun 2017 dimaksudkan untuk membangun sinergi dan komitmen bersama serta meningkatkan koordinasi antara semua pemangku kepentingan dalam pelaksanaan program dan kegiatan Kemendag Tahun 2017. Raker ini juga sekaligus untuk menyiapkan susunan rencana kerja Kemendag Tahun 2018," kata Karyanto.

Menurut Karyanto, Raker Kemendag Tahun 2017 nantinya akan membahas penataan sistem perdagangan yang lebih efektif, antara lain mencakup sistem distribusi, sarana dan prasarana perdagangan, serta pengawasan barang maupun legalitas perusahaan.

“Raker juga akan membahas upaya peningkatan mutu, keragaman, maupun kesinambungan pasokan produk sehingga mampu berdaya saing guna memenuhi permintaan domestik sekaligus meningkatkan ekspor, serta akan membahas keadaan ekonomi global saat ini,” katanya.

Sejumlah Menteri dijadwalkan hadir dalam Raker Kemendag, yaitu Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri KUKM Anak Agung Gede Puspayoga, dan Kepala BKPM Thomas Lembong.

Selain itu, turut hadir sejumlah gubernur, bupati, walikota, dan kepala dinas di bidang perdagangan, asosiasi, CEO, dan para pengamat.

Raker juga akan diikuti sekitar 285 peserta yang terdiri dari Pejabat Eselon I, II, dan III Kemendag, para perwakilan perdagangan di luar negeri (Duta Besar WTO, Atase/Konsul Perdagangan, Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia, Indonesian Trade Promotion Centre), para Kepala Dinas Provinsi yang membidangi perdagangan seluruh Indonesia, serta para pelaku usaha. (PR)

 

Back to Home