Google+
Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:38 WIB | Rabu, 06 September 2017

Kemristekdikti Buka Formasi CPNS Tenaga Dosen Lektor atau Dosen Asisten Ahli

Ilustrasi. Kemristekdikti buka formasi CPNS tenaga dosen lektor atau dosen asisten ahli. (Foto: makassar.tribunnews.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menyediakan 1.500 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dalam penerimaan gelombang kedua, yang diumumkan pemerintah pada Selasa (5/9) malam. Sebagian besar formasi CPNS di Kemristekdikti ini tersedia untuk jabatan Dosen Lektor dan Dosen Asisten Ahli.

Sekretaris Jenderal Kemristekdikti, Ainun Na’im, selaku Ketua Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Kemristekdikti Tahun 2017 dalam pengumumannya Selasa (4/9) mengatakan, pihaknya membuka lowongan untuk 643 jabatan yang menyediakan 1.345 formasi CPNS bagi pelamar umum, dari mulai Dosen Lektor, Dosen Asisten Ahli, Auditor Ahli Pertama, Instruktur Ahli Pertama, dan Auditor Terampil.

Kecuali untuk jabatan Auditor dan Instruktur Ahli Pertama, semua lowongan CPNS bagi pelamar umum di Kemristekdikti mensyaratkan minimal pendidikan Strata Dua (S2) dari hampir semua program studi pendidikan. Khusus untuk Dosen Lektor persyaratannya adalah Strata Tiga (S3).

Selain membuka lowongan untuk pelamar umum, Kemristekdikti juga membuka lowongan bagi putra/putri terbaik atau cum laude, sebanyak 95 jabatan untuk 150 formasi. Juga tersedia 5 jabatan dengan 5 formasi khusus untuk putra/putri Papua dan Papua Barat, yaitu S2 Ilmu Perairan/Pengalolaan Sumber Daya Perairan/Ilmu Perikanan/Biologi/Sistem-Sistem Pertanian, S2 Kesehatan Masyarakat, S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, S2 Pengkajian Penciptaan Seni, dan S2 Tehnik Konstruksi Sipil.

Menurut Ainun Na’im, untuk formasi umum dan putra/putri terbaik atau cum laude pada posisi jabatan Dosen Asisten Ahli, Dosen Lektor, dan Instruktur Ahli Pertama akan ditempatkan pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di lingkungan Kemristekdikti. Sedangkan untuk formasi putra-putri Papua dan Papua Barat akan ditempatkan pada PTN yang ada di wilayah Papua dan Papua Barat.

“Informasi detil terkait rencana penempatan dapat dilihat pada laman htpp://cpns.ristekdikti.go.id,” kata Ainun.

Pendaftaran

Dijelaskan selaku Ketua Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Kemristekdikti Tahun 2017 itu, bagi pelamar yang berminat wajib melakukan pendaftaran online pada laman https://sscn.bkn.go.id mulai 11 September 2017, dengan mengisi formulir yang telah disediakan menggunakan data kependudukan yang tertera pada KTP dan/atau KK.

Registrasi online ini akan ditutup pada tanggal 25 September 2017.

Selanjutnya, pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi diumumkanpada tanggal 30 September 2017 di laman http://cpns.ristekdikti.go.id. “Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar,” kata Ainun.

Bagi pelamar yang dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang akan dilaksanakan pada 25-30 Oktober. Sementara pengumuman final hasil seleksi akan dilakukan pada 1-8 November 2017. (setkab.go.id)

Editor : Sotyati

Back to Home