Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 14:54 WIB | Minggu, 25 Oktober 2020

Kenapa Orang Dewasa Butuh Vaksinasi? Ini Penjelasan WHO

Ilustrasi. (Foto: Halodoc.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Seiring bertambahnya usia menjadi usia dewasa maka manusia akan semakin produktif. Namun, padatnya aktivitas yang dilakukan sehari-hari membuat tubuh menjadi rentan terserang berbagai penyakit.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu menerapkan pola hidup sehat. Supaya kekebalan tubuh bisa semakin kuat maka bisa melakukan vaksinasi. Vaksin tidak hanya diperlukan oleh bayi atau balita tetapi juga orang dewasa.

Apa Itu Vaksinasi?

Vaksinasi merupakan proses penyuntikan atau injeksi mikroorganisme penyebab penyakit tertentu yang telah dilemahkan atau dimatikan ke dalam tubuh. Selain mikroorganisme, vaksinasi juga bisa menggunakan protein buatan yang mirip mikroorganisme tersebut.

Vaksinasi sendiri memiliki tujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Ketika virus, bakteri atau mikroorganisme penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh, maka secara otomatis tubuh akan menangkalnya. Mikroorganisme tersebut tidak akan  berkembang sehingga tidak menimbulkan penyakit. Pemberian vaksin harus mempertimbangkan HALO, yakni Health, Age, Lifestyle dan Occupation.

Health berarti kesehatan pasien yang akan divaksinasi, seperti penyakit kronis ketika akan diberikan vaksin pneumonia dan influenza pada penderita asma dan imunodefisiensi pada pasien penderita HIV.

Age adalah usia pasien terhadap peningkatan komorbiditas  infeksi penyakit tertentu. Contoh usia remaja yang sangat rentan terhadap infeksi HPV atau usia geriatri yang lebih rentan infeksi paru.

Lifestyle atau gaya hidup yang akan berpengaruh terhadap jenis vaksin yang diberikan. Bagi pelancong atau traveler akan diberikan vaksin tertentu untuk mencegah terinfeksi penyakit endemic pada negara tujuan.

Occupation berarti jenis pekerjaan tertentu dengan risiko infeksi yang tinggi. Hal ini bisa dicegah dengan pemberian vaksin. Contoh bagi para pekerja kesehatan di rumah sakit akan memperoleh vaksin untuk mencegah tertular atau terinfeksi penyebab penyakit pasien.

Pentingnya Vaksinasi pada Orang Dewasa

Orang dewasa merupakan usia paling produktif. Pada usia ini aktivitas kehidupan yang dijalani sangat padat. Berbagai hal lainnya seperti gaya hidup, olahraga, pola makan, dan istirahat akan sangat menentukan kondisi kesehatan tubuh saat ini, bahkan sampai tahap lanjut usia.

Selain itu, vaksinasi atau imunisasi pada usia dewasa dapat menjadi salah satu upaya untuk menjaga agar badan tetap sehat. Vaksinasi dilakukan untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu.

Menurut Dr. Purnamawati Sujud, SpA(K), MMped dari Yayasan Orang Tua Peduli menjelaskan bahwa imunisasi atau vaksinasi merupakan cara mencegah penyakit yang paling cost efektif, yakni efisien, efektif dan memberi hasil yang baik.

Sejauh ini masyarakat memahami bahwa imunisasi/vaksinasi hanya dapat dilakukan untuk memberikan kesehatan pada anak. Sering kali diabaikan bahwa anak-anak pun membutuhkan orang tua dengan kondisi tubuh yang sehat sehingga vaksinasi perlu dilakukan. Upaya ini dilakukan untuk membentuk kekebalan tubuh sehingga mencegah penyakit tertentu. Namun, vaksinasi pada orang dewasa juga perlu memperhatikan penyakit pembawa atau carrier.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Vaksinolog, Dr Dirga Sakti Rambe, MSc, SpPD menyatakan bahwa WHO secara spesifik menyebut orang dewasa selama pandemi virus Corona sebaiknya perlu memperoleh vaksin influenza dan pneumonia atau PVC. Hal ini berkaitan dengan data penelitian bahwa pasien yang terinfeksi virus Covid-19 yang pernah memperoleh vaksinasi influenza memiliki risiko kematian lebih rendah dan dampak penyakitnya pun lebih ringan.

Gejala infeksi Virus Corona menimbulkan gejala yang hampir sama dengan gejala penyakit pneumonia dan influenza, seperti demam tinggi, batuk, pilek, flu sampai gangguan pernapasan. Hal inilah yang mendasari pemberian vaksinasi penyakit tersebut pada penderita Covid-19.

Cari fasilitas kesehatan atau klinik vaksin Semarang melalui Halodoc menjadi solusi jika sedang mencari dokter spesialis vaksinasi dewasa di kota Semarang. Melalui aplikasi tersebut Anda bisa menemukan dokter atau klinik yang menyediakan vaksinasi dewasa.

Tidak hanya di Kota Semarang, aplikasi Halodoc ini juga telah mendukung berbagai fasilitas kesehatan yang ada di berbagai kota besar di Indonesia. Jadi dimanapun daerahmu, tetap bisa menggunakan aplikasi Halodoc.

 

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home