Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 20:06 WIB | Jumat, 23 Januari 2015

Kepala BKPM: PTSP Siap Launching 26 Januari

Franky Sibarani (tengah), saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI pada Kamis (22/1). (Foto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang berpusat di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) siap diluncurkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo Senin (26/1) mendatang.

“Berdasar hasil uji coba, PTSP Pusat sudah siap dilaunching secara resmi oleh Presiden Jokowi 26 Januari,” kata kata Franky Sibarani kepada para pewarta di Gedung BKPM, Jumat (23/1) saat memperkenalkan tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

“Mohon bantuan teman-teman media untuk mensosialisasikan keberadaan PTSP Pusat karena layanan yang ada benar-benar memudahkan investor tidak perlu keliling Jakarta, keluar-masuk kementerian,” Franky menambahkan.

Menurut data Humas BKPM, secara kualitatif respon investor terhadap keberadaan PTSP Pusat cukup positif. Salah satu PMA yang mendatangi loket Kemen PU-Pera (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), menyatakan biasanya untuk mendapat layanan konsultasi membutuhkan waktu dua hingga tiga hari. Namun, di PTSP Pusat saat calon investor mendapat nomor antrian sudah langsung dapat dilayani di desk Kemen PU-Pera.

Desk kementerian atau lembaga yang setingkat (K/L) yang paling banyak dikunjungi adalah Kemenaker karena sudah lama melakukan pelayanan perizinan ketenagakerjaan di PTSP BKPM. Semua desk K/L yang ada di PTSP Pusat sudah menerima kunjungan investor. Rata-rata masing desk melayani tiga investor per hari, baik untuk konsultasi maupun penerimaan aplikasi.

Desk K/L di luar Kemenaker yang paling banyak melayani investor selama uji coba adalah: Kementerian ESDM (12 investor per hari), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (11 investor per hari), Kementerian Perdagangan (7 investor per hari), Kemenperin (4 investor per hari), Kemen PU-Pera (3 investor per hari).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home