Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 23:56 WIB | Rabu, 01 Juli 2015

Kepala IAEA Akan Hadiri Pembicaraan Nuklir di Iran

Direktur Jenderal International Atomic Energy Agency (IAEA) Yukiya Amano. (Foto: theguardian.com)

WINA, SATUHARAPAN.COM – Kepala badan pengawas nuklir PBB, Yukiya Amano, mengunjungi Iran untuk menggelar pembicaraan terkait kesepakatan pembatasan program nuklir Iran, ujar narasumber diplomatik kepada AFP.

Amano, yang terlibat intens dalam perundingan pekan ini antara sejumlah negara-negara adidaya dan Iran di Wina, pada Rabu (1/7) akan bertolak untuk menghadiri pertemuan di Teheran pada Kamis (2/7), ujar narasumber yang mengetahui pembicaraan tersebut dan enggan disebutkan namanya.

Media Iran mengatakan Amano, direktur jenderal International Atomic Energy Agency (IAEA), diundang ke Teheran guna membahas “aktivitas masa lalu” dan cara menyelesaikan perbedaan terkait sengketa program nuklir Iran.

Dia akan bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani dan ketua Dewan Keamanan Tertinggi Nasional (Supreme National Security Council) Iran, Ali Shamkhani, menurut kantor berita resmi IRNA pada Rabu.

“Tujuan kunjungan Yukiya Amano yakni membahas aktivitas masa lalu dan menerima saran Iran mengenai cara menyelesaikan perbedaan tersebut,” ujar narasumber yang dekat dengan tim perunding Iran seperti dilansir IRNA.

Amano pada Senin (29/6) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry. Dan pada Rabu (1/7) dia terlihat hadir di Coburg Palace, Wina, tempat tim perunding bekerja merampungkan perjanjian nuklir Iran.(AFP)

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home