Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 17:56 WIB | Selasa, 31 Maret 2015

Kepulauan Pasifik Diperkirakan Akan Diterpa Badai Dahsyat

Kepulauan Pasifik Diperkirakan Akan Diterpa Badai Dahsyat
Ilustrasi: Ketika Topan Pam melanda Vanuatu pada 14 Maret lalu, memorakporandakan ratusan rumah dan sekolah. (Foto: bbc.com/AFP/CARE/INGA)
Kepulauan Pasifik Diperkirakan Akan Diterpa Badai Dahsyat
Peta Federated States of Micronesia. (Sumber: en.wikipedia.org)

GUAM, SATUHARAPAN.COM - Sejumlah ahli meteorologi pada Selasa (31/3) memperingatkan badai yang dilaporkan merenggut beberapa korban jiwa di Mikronesia tengah berakumulasi membentuk topan dahsyat, saat badai tersebut menyapu Pasifik bagian tengah dan menuju Kepulauan Yap.

Pulau Chuuk, bagian dari wilayah Federated States of Micronesia (FSM), pada Minggu (29/3) malam, menerima hantaman langsung Topan Maysak sementara Kepulauan Yap lainnya akan mendapat giliran berikutnya.

“Chuuk porak-poranda,“ kata pengacara Kembo Mida dalam sebuah email untuk organisasi bantuan Ayuda Foundation yang berbasis di Guam, sekitar 1.000 kilometer jaraknya, Sejumlah rumah tersapu dan pepohonan tumbang. Sangat berbahaya dan menakutkan, sebuah kapal juga tenggelam.”

Ahli meteorologi Guam mengatakan, Maysak disapu angin berkecepatan 230 kilometer per jam, dan diperkirakan akan secara bertahap meningkat selama 24 jam mendatang dan bisa menjadi topan dahsyat.

Direktur Kantor Manajemen Darurat Nasional FSM, Andrew Yatilman, mengatakan kepada Radio Selandia Baru, topan tersebut menghantam langsung daerah terpadat di Chuuk, yang berpenghuni hampir 50.000 orang.

“Sebagian besar orang dalam keadaan baik-baik saja, kami memahami mungkin ada beberapa korban jiwa, antara empat hingga lima orang yang kami ketahui sejauh ini.” (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home