Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 09:14 WIB | Kamis, 02 Juli 2015

Kesebelasan Jepang Hadapi AS di Final Piala Dunia Putri

Kesebelasan Jepang Hadapi AS di Final Piala Dunia Putri
Pemain belakang Inggris Laura Bassett (kaus putih) berebut bola dengan pesepak bola Jepang, Shinobu Ohno (kaus biru). (Foto-foto: fifa.com).
Kesebelasan Jepang Hadapi AS di Final Piala Dunia Putri
Fara Williams, pesepak bola Inggris yang mengekspresikan kegembiraan setelah mencetak gol penyeimbang lewat titik penalti walau kemudian Inggris takluk dari Jepang.

EDMONTON, SATUHARAPAN.COM – Jepang akan menghadapi Amerika Serikat (AS) pada partai final Piala Dunia Putri 2015, setelah di semi final Jepang mengandaskan Inggris dengan skor 2-1 pada pertandingan yang berlangsung Kamis (2/7) pagi WIB di Stadion Commonwealth, Edmonton, Kanada.

Pertandingan final  akan digelar Senin (6/7) pagi WIB di Stadion BC Place, Vancouver, Kanada. Partai perebutan peringkat ketiga, akan dilangsungkan satu hari sebelumnya, Minggu (5/7)  pagi WIB di Stadion Commonwealth, Edmonton, Kanada antara Jerman melawan Inggris.

Negeri Matahari Terbit berpeluang mengulangi prestasi yang mereka torehkan pada 2011 kala menjuarai Piala Dunia Putri, dan kala itu mereka menjadi juara karena mengalahkan AS di partai final.

Jepang melaju ke final bukan tanpa hambatan, di babak penyishan grup mereka harus susah payah menang 1-0 atas Swiss, kemudian menggulung Kamerun dengan kedudukan 2-1, sebelum unggul atas Ekuador 1-0, di perdelapan final Negeri Matahari Terbit unggul atas Belanda 2-1. Pada perempat final Jepang mengalahkan sesama wakil Asia, Australia 1-0.

Jalannya Pertandingan

Jepang meraih kemenangan atas Inggris tidak dengan mudah karena pertahanan Inggris yang digalang Lucy Bronze,  Stephanie Houghton,  dan Laura Bassett tidak mudah ditembus.  Sehingga gol pertama Jepang harus diraih lewat penalti pada menit ke-31, hukuman penalti diberikan bagi Jepang karena gelandang tim nasional Inggris Claire Rafferty menghambat laju Saori Ariyoshi yang hendak masuk ke kotak penalti.

Eksekusi penalti dengan baik dilaksanakan oleh Aya Miyama, gelandang Jepang ini mencetak gol setelah bola yang dia tendang tidak dapat ditahan kiper Inggris, Karen Bardsley.  

Pertandingan berlangsung seimbang, karena beberapa menit kemudian Inggrismenyamakan kedudukan lewat penalti menit ke-41 lewat Fara Williams.

Di babak kedua, kedua kesebelasan saling menyerang, namun keberuntungan menaungi Jepang karena di menit ke-91 Inggris kebobolan lewat gol bunuh diri Laura Bassett.  

Susunan Pemain:

Jepang:  Ayumi Kaihori,  Saori Ariyoshi,  Azusa Iwashimizu,  Saki Kumagai,  Aya Sameshima,  Mizuho Sakaguchi,  Rumi Utsugi,  Nahomi Kawasumi,  Aya Miyama,  Shinobu Ohno,  Yuki Ogimi.

Inggris:   Karen Bardsley,  Lucy Bronze,  Stephanie Houghton,  Laura Bassett,  Claire Rafferty,  Fara Williams,  Jade Moore,  Katie Chapman,  Jill Scott,  Toni Duggan,  Jodie Taylor.  (fifa.com/eurosport.com).

Editor : Eben Ezer Siadari 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home