Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 19:56 WIB | Rabu, 01 Mei 2013

Kesenjangan Gaji CEO dan Pekerja Makin Lebar

USA, SATUHARAPAN.COM – CEO (Chief Executive Officer) di Amerika Serikat mendapatkan gaji 354 kali lebih banyak di bandingkan rata-rata pekerja yang diupah sebesar US$ 19,77 per jam dalam tahun 2012. Demikian menurut  AFL-CIO seperti diungkapkan dalam examiner.com, Rabu ((1/5).

Data baru PayWatch Eksekutive dari AFL-CIO mengungkapkan bahwa pada perusahaan besar gaji CEO rata-rata mencapai US$ 12,3 juta per tahun dibandingkan  upah rata-rata pekerja sebesar US$ 34.645.

Perbandingan rata-rata gaji CEO dan karyawan biasa yang mencapai posisi satu dibandingkan 354 menunjukkan kesenjangan gaji yang cukup besar. Data itu membandingkan bahwa pada tahun 1982 gap gaji itu hanya pada posisi satu banding 42.

Bukan hanya CEO Amerika yang merusak norma-noma pembayaran gaji. Presiden AFL-CIO, Richard Trumka  dalam siaran persnya juga menyebut kondisi di negara lain.

Di Swiss kesenjangan gaji CEO dan pekerja adalah 148 dibanding satu. Sedangkan di Inggris kesenjangannya seperempat lebih besar dari AS, dan di Jepang kesenjangannya sedikit lebih kecil dibandingkan AS.

Disebutkan bahwa database online itu juga memungkinkan pekerja untuk menelusuri gaji CEO di perusahaan mereka dan membandingkannya dengan gaji yang didapatnya. Beberapa yang disebutkan antara lain, gaji untuk CEO dari HCA Holdings (HCA) sebesar US$ 22.288  perjam. Sedangkan Pimpinan dan CEO dari Honeywell International (HON) sebesar US$15.984 per jam. Pimpinan, Presiden dan CEO TRW Automotive Holdings (TRW) sebesar US $12.597  per jam, serta Pimpinan dan CEO Dow Chemical (DOW) sebesar US$11.052 per jam.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home