Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 16:59 WIB | Senin, 30 Maret 2015

Ketua DPR AS: Obama Makin Benci Netanyahu

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan Presiden AS Barack Obama dalam sebuah pertemuan di Gedung Putih (Foto: AFP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Obama menunjukkan “sikap bermusuhan yang tercela” terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, ungkap Ketua DPR AS John Boehner.

Kemenangan pemilu terbaru yang diraih Netanyahu secara dramatis memperburuk krisis diplomatik dengan Washington, membawa hubungan berdurinya dengan Presiden Barack Obama ke fokus yang lebih tajam.

Dalam upaya meningkatkan suara, Netanyahu berbelok tajam ke haluan kanan, bersumpah bahwa tidak akan ada negara Palestina dalam pandangannya, berjanji untuk meningkatkan pembangunan perumahan dan memperingatkan bahwa pemilih dari Arab Israel tengah “berbondong-bondong” ke tempat pemungutan suara, memperbesar teguran dari Gedung Putih.

Boehner dari partai Republik, yang mengundang Netanyahu ke Washington menjelang pemilu tanpa berkonsultasi dengan Gedung Putih, mengatakan dalam acara State of the Union CNN pada Minggu (29/3): “Saya pikir permusuhan yang ditunjukkan oleh pemerintah terhadap perdana menteri Israel sangat tercela.”

“Dan saya pikir tekanan yang dia berikan terhadapnya selama empat atau lima tahunnya menjabat, terus terang, mendorongnya ke titik yang mengharuskannya berbicara. Saya sama sekali tidak menyalahkannya untuk berbicara.”

Boehner mengatakan bahwa kunjungannya pada pekan ini ke Israel direncanakan “beberapa bulan lalu.(AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home