Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Bayu Probo 19:47 WIB | Senin, 21 Juli 2014

Ketua Komite Olimpiade Musim Dingin Korsel Mundur

Tarian tradisonal semarakkan pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2014 pada awal Februari 2014 lalu. (Foto: sochi2014.com)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM – Ketua komite penyelenggara Olimpiade Musim Dingin 2018 Korea Selatan mengundurkan diri pada Senin (20/7), di tengah kekhawatiran mengenai laju persiapan untuk kompetisi musim dingin pertama negara tersebut.

Kim Jin-Sun, yang memimpin komite sejak 2011, mengumumkan telah mengundurkan diri satu tahun sebelum masa jabatannya berakhir pada Oktober 2015.

Dia tidak menjelaskan alasannya, hanya mengatakan bahwa komite membutuhkan kepemimpinan baru pada “masa penting” dengan penyelenggaraan Olimpiade di Pyeongchang yang hampir tinggal tiga tahun lagi.

“Persiapan Olimpiade Musim Dingin kini sudah mencapai setengahnya, masa transisi yang membutuhkan administrasi lebih cermat,” ujar Kim dalam sebuah pernyataan.

“Saya pikir komite perlu memperkuat sistemnya di bawah kepemimpinan yang baru,” ia menambahkan.

Kim (67) adalah mantan gubernur provinsi Gangwon yang menjadi lokasi Pyeongchang, dan pemrakarsa mengajukan tawaran menjadi tuan rumah 2018, setelah kalah pada 2010 dan 2014.

Baru-baru ini, pihak penyelenggara mendapatkan pengawasan terkait dengan laju pembangunan, setelah mengalami penundaan disebabkan kontroversi atas dampak lingkungan dari Olimpiade tersebut.

Pihaknya juga menjadi subjek penyelidikan komisi audit negara, berkaitan dengan anggaran pengeluaran.

Kim menekankan bahwa kepergiannya "tidak ada hubungannya” dengan audit.

Pemerintah sudah menyuntikkan sekitar sembilan triliun won (sekitar Rp 101 triliun) untuk proyek infrastruktur Pyeongchang, kota resort pegunungan yang terletak 180 kilometer sebelah timur Seoul.

Anda juga dapat membaca liputan satuharapan.com untuk Olimpiade Musim Dingin di Sochi Rusia pada awal Februari lalu. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home