Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 10:39 WIB | Jumat, 17 Juli 2015

Khotbah Idul Fitri Istiqlal: Kemajemukan Perkokoh Kebangsaan

Khotbah Idul Fitri Istiqlal: Kemajemukan Perkokoh Kebangsaan
Ilustrasi: Umat muslim berbondong-bondong menuju Masjid Istiqlal guna menunaikan ibadah Shalat Idul Fitri pada 2014. (Foto-foto: Dok. satuharapan.com /Prasasta Widiadi)
Khotbah Idul Fitri Istiqlal: Kemajemukan Perkokoh Kebangsaan
Umat muslim berbondong-bondong menuju Masjid Istiqlal guna menunaikan ibadah Shalat Idul Fitri pada 2014. (Foto-foto: Dok. satuharapan.com /Prasasta Widiadi)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Khatib  Aam Syuriah PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) Malik Madani dalam khutbah Idul Fitri 1436 Hijriyah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat, menyampaikan kemajemukan di Indonesia harus dikelola dengan baik guna memperkokoh ukhuwah wathaniyah atau persaudaraan antara anak bangsa.

"Ukhuwah wathaniyah adalah persaudaraan antar-anak bangsa yang mantap dan kuat," kata Malik Madani di hadapan jamaah yang diantaranya adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Jumat (17/7).

Malik mengingatkan bahwa sebagian umat Islam di kawasan Timur Tengah dan Afrika masih ada yang tercabik-cabik dalam teror pemberontakan dan peperangan, yang diharapkan dapat segera berakhir dengan kedamaian.

Di Indonesia, ujar dia, bangsa ini dikenal memiliki sejarah yang panjang dalam memperkuat ukhuwah sehingga dapat terjaga dalam menghadapi tantangan baik dari dalam maupun dari luar negeri.

"Bangsa ini sadar akan kemajemukan yang rawan potensi konflik antar-anak bangsa bila tidak dikelola dengan baik," kata dia.

Untuk itu, ujar dia, konsep bhineka tunggal ika yang telah digali dari para  bapak bangsa tidak lagi hanya menjadi sekadar wacana tetapi juga tercermin dalam sikap perilaku anak bangsa.

Dalam wacana tentang ukhuwah, lanjutnya, ada tiga macam ukhuwah yaitu ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah (persaudaraan antara sesama anak bangsa tanpa membedakan agama), serta ukhuwah insaniyah (persaudaraan antarmanusia tanpa membedakan bangsa dan agama).

Ia berpendapat, ukhuwah islamiyah lebih tepat disebut ukhuwah diniyyah atau ukhuwah imaniyyah sehingga hubungan antar-agama memiliki peluang yg sama utk menjadi ukhuwah.

Khatib juga mengingatkan bahwa eksistensi sebuah bangsa diakui secara jelas dalam Alquran, yang mengemukakan penciptaan bangsa-bangsa dimaksudkan untuk saling kenal mengenal dan bekerja sama dalam membangun bersama dan memperjuangkan terciptanya rasa aman adil makmur dan sejahtera tanpa ada hak-hak bangsa lain yang dilanggar.(Ant)

Baca Juga

 

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home