Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 19:53 WIB | Sabtu, 05 Oktober 2013

Kisah Orang Kristen di Gaza, Palestina

Kisah Orang Kristen di Gaza, Palestina
Jemaat Kristen di Gaza. (Foto: national post)
Kisah Orang Kristen di Gaza, Palestina
Gaza City.

GAZA, SATUHARAPAN.COM – Orang Kristen Palestina tinggal di Tepi Barat, mungkin banyak yang tahu. Namun, di Gaza, wilayah Palestina yang diperintah Kelompok Hamas, orang Kristen punya hubungan baik dengan saudara Muslim mereka. Walau ada beberapa gejolak dengan kelompok garis keras, secara umum, penduduk Palestina di Gaza Kristen dan Islam menghadapi masalah sama: diblokade pemerintah Israel dan mendapat stigma teroris.

Berita Terakhir

Awal tahun ajaran baru bagi lima sekolah Kristen yang beroperasi di Jalur Gaza berlangsung tanpa kejutan pekan lalu, di tengah kekhawatiran bahwa Hamas mungkin menutup mereka di bawah hukum Islam yang baru (3/10). Kepala Susteran Nazareth, dari Institut Sabda, yang bekerja untuk Gereja Keluarga Kudus berkata:”Anak-anak dan guru kembali ke sekolah dan semuanya berjalan seperti biasa.

Musim semi lalu, ada alarm berkaitan dengan nasib lima sekolah yang mungkin akan sangat terpengaruh oleh langkah-langkah baru diberlakukan pemerintah Hamas.

Sebuah hukum yang berlaku pada April oleh Departemen Pendidikan setempat dan karena mulai berlaku pada bulan September menyatakan bahwa kelas semua sekolah setiap kelas wajib harus dibagi menurut jenis kelamin, sedangkan guru laki-laki dan perempuan tidak lagi diperbolehkan memberi pelajaran kepada siswa lawan jenis yang berumur lebih dari sembilan tahun.

Jika ketentuan-ketentuan baru diberlakukan, sekolah-sekolah Kristen mungkin harus ditutup. “Kami tidak memiliki ruang dan uang untuk memisahkan sekolah kami,” kata Pastor Hijazeen Faisal, kepala sekolah dari Patriarkat Latin Yerusalem.

Sumber dari Patriarkat Latin Yerusalem mengatakan bahwa pada Oktober, Fr Hijazeen dan administrator umum Patriarkat Latin, Fr Humam Khzouz, akan pergi ke Gaza untuk bertemu dengan Menteri Pendidikan untuk mendiskusikan masalah ini.

Sekitar 3.500 siswa belajar di sekolah-sekolah Kristen di Gaza. Ini adalah satu-satunya sekolah bersama sekolah yang dikelola PBB yang memiliki kelas campuran laki-laki perempuan.

Sejarah Kekristenan di Gaza

Kekristenan mulai menyebar ke seluruh Gaza pada 250 Masehi, termasuk di pelabuhan Maiuma. Penduduk Gaza banyak yang menjadi Kristen saat Saint Porphyrius, antara 396 dan 420 M melakukan karya penginjilan di daerah itu. Pada 402, Kaisar Theodosius II memerintahkan delapan dari kuil pagan kota dihancurkan hancur, dan empat tahun kemudian, Ratu Aelia Eudocia menugaskan pembangunan gereja di atas reruntuhan Kuil Marnas. Pada era ini filsuf Kristen Aeneas dari Gaza menyebut kampung halamannya, “Athena Asia.” Setelah pembagian Kekaisaran Romawi pada abad ke-3 Masehi, Gaza tetap berada di bawah kendali dari Kekaisaran Romawi Timur yang pada gilirannya menjadi Kekaisaran Byzantium. Kota makmur dan merupakan pusat penting untuk kawasan Mediterania timur. Kota yang dipercaya tempat dikuburnya kakek buyut Nabi Muhammad, Hashim ibn Abd Manaf, ini menjadi kota penting bagi kekhalifahan Islam sejak awal abad ke-7.

Kehidupan Kristen di Gaza

Kini, komunitas Kristen Gaza sebagian besar tinggal di dalam kota, terutama di kawasan sekitar tiga gereja utama: Gereja Saint Porphyrius, Gereja Katolik Keluarga Kudus di Jalan Zeitoun, dan Gereja Baptis Gaza, selain itu ada juga kapel Anglikan di Rumah Sakit Al-Ahli Al-Arabi. Saint Porphyrius adalah Gereja Ortodoks yang berdiri pada abad ke-12. Gereja Baptis Gaza terletak dekat dengan gedung Dewan Legislatif. Orang Kristen di Gaza bebas menjalankan ibadah mereka. Mereka juga dapat memperingati semua hari libur keagamaan sesuai dengan kalender Kristen.

Orang Kristen yang menjadi pegawai negeri sipil atau bekerja di sektor swasta diberikan hari libur resmi selama seminggu, yang dimanfaatkan untuk berdoa bersama di gereja-gereja. Orang Kristen berhak mendapatkan pekerjaan apa pun. Mereka memiliki hak dan kewajiban penuh seperti saudara Muslim mereka sesuai dengan Deklarasi Kemerdekaan Palestina, rezim, dan semua sistem yang berlaku atas wilayah-wilayah. Selain itu, kursi telah dialokasikan untuk warga Kristen di Dewan Legislatif Palestina sesuai dengan sistem kuota yang mengalokasikan didasarkan pada kehadiran Kristen yang signifikan.

Sensus mengungkapkan bahwa 40% dari komunitas Kristen bekerja di, pendidikan, teknik dan hukum sektor medis. Orang-orang Kristen dari Gaza bekerja di hampir semua profesi. Banyak dokter dan guru, dan beberapa toko perhiasan sendiri. Jumlah mereka turun menjadi 2.500 dari 3.000 sebelum tahun 2007, sebagian besar karena alasan ekonomi akibat blokade oleh Israel.

Selain itu, gereja-gereja di Gaza terkenal untuk pertolongan dan pendidikan layanan yang mereka tawarkan, dan warga Muslim berpartisipasi dalam layanan ini. Warga Palestina mendapat manfaat keseluruhan dari layanan ini. Sekolah Latin Patriarkat, misalnya, menawarkan bantuan dalam bentuk obat-obatan dan pelayanan sosial dan pendidikan. Sekolah telah menawarkan layanan selama hampir 150 tahun.

Pada 1974, gagasan untuk mendirikan sekolah baru diusulkan oleh Pastor Jalil Awad, mantan imam paroki di Gaza yang menyadari kebutuhan untuk memperluas Sekolah Patriarki Latin dan membangun kompleks baru. Saat ini, sekolah Keluarga Kudus memiliki 1.250 siswa dan SD Katolik Roma, yang merupakan perpanjangan dari Sekolah Patriarkat Latin, terus mendaftarkan meningkatnya jumlah siswa muda. Sekolah dasar didirikan sekitar 20 tahun yang lalu. Selain pendidikan, layanan lain yang ditawarkan kepada Muslim dan Kristen sama-sama tanpa diskriminasi. Layanan mencakup kelompok perempuan, kelompok mahasiswa dan kelompok pemuda, seperti yang ditawarkan di Gereja Baptis pada hari kerja.

Tekanan pada Komunitas Kristen Gaza

Hubungan Kristen-Muslim di Gaza secara historis jauh lebih tenang dibandingkan di Mesir. Kaum Koptik Mesir mengeluhkan penganiayaan. Juga jika dibandingkan di Irak. Orang-orang Kristen di Irak telah ditargetkan untuk serangan.

Memang pernah, sebuah gereja Gaza dibom pada 2009 oleh Al-Qaeda yang dipengaruhi Islam tetapi sejak itu, kata Alexios, gereja telah aman. Alexios adalah Uskup Gereja Ortodoks Yunani di Gaza. Dia memuji kerja sama Hamas, tapi ia menuduh kelompok garis keras, Salama, berusaha menyebabkan gesekan antara agama-agama.

Pasukan keamanan Hamas telah menindak kelompok radikal Islam radikal dengan tuduhan menyerang simbol-simbol Kristen termasuk gereja dan pemakaman.

Hamas mengatakan mereka mempraktikkan Islam moderat. Hukum Palestina membuat semua warga sama di depan hukum tanpa memandang ras, jenis kelamin, warna kulit atau agama dan memberi mereka kebebasan untuk mempraktikkan ritual keagamaan mereka, tanpa mengganggu ketertiban umum.

Dalam lima tahun terakhir, dua orang Kristen Gaza telah dibunuh, satu karena berlatar utang-piutang, yang lain tidak terlalu jelas penyebabnya. Konon, dia telah dibunuh oleh radikal Islam karena berusaha mengonversi orang Muslim.

Namun, beberapa keluarga Kristen Gaza mengeluhkan anak-anak mereka menjadi target “cuci otak” oleh aktivis Muslim.

Menurut Alexios, Muslim dan Kristen Gaza telah hidup dalam harmoni selama 1.600 tahun. Hamas tidak bisa disalahkan karena orang-orang yang sekarang berusaha merusak hubungan. Hamas berusaha menjaga harmoni Kristen-Islam terutama karena ingin kontak politik dengan negara-negara di dunia Kristen.

Tidak ada untungnya Hamas merugikan komunitas Kristen di sini. Itulah mengapa hal tersebut tidak pernah terlintas dalam pikiran saya,” kata Alexios.

Orang Kristen Palestina, Dijajah Israel

Orang-orang Kristen Palestina juga mendapat tekanan yang sama dalam kasus pendudukan Israel di tanah Palestina. Dan, sebagai warga Gaza, mereka terstigma. “Orang-orang dari luar hanya melihat semua orang Palestina sebagai teroris,” kata Mohammad Abu Jayab, seorang penjaga pantai Gaza City. “Kami tidak menentang agama Yahudi, Kristen, Muslim-kita semua manusia,” kata Jayab.

Allah memberikan Anda kekuatan, kata Waheed Araxi, mengenang saat teror dia merasa sendirian pada malam ketika selusin rudal Israel menggempur kampungnya. Waheed, seorang janda dan salah satu dari sekitar 3.000 orang Kristen Gaza di antara 1,7 juta penduduk. Ia adalah anggota Dewan Gereja-gereja Timur Dekat Komite Karya Bagi Pengungsi (Near East Council of Churches Committee for Refugee Work NECCCRW). Dalam minggu-minggu setelah serangan, ia dan tetangga Muslimnya saling membantu bertahan dari kekurangan makanan, air, dan listrik akibat Israel menargetkan infrastruktur sipil.

Seperti Waheed, NECCCRW menjawab panggilan Kristus untuk mengasihi sesama seseorang, menawarkan klinik kesehatan dan sekolah kejuruan untuk memenuhi kebutuhan Gaza yang paling rentan. Dengan melayani tetangga mereka tanpa diskriminasi, NECCCRW menikmati rasa hormat dari mayoritas Muslim, meskipun dalam kasus yang jarang, ekstremis Islam telah menargetkan orang Kristen lainnya. Salah satu klinik mereka dihancurkan oleh bom Israel, namun sejak saat itu telah dibangun kembali dan terus melayani masyarakat. (vassallomalta / Wikipedia / national post/Reuters)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home