Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 14:16 WIB | Selasa, 15 Juli 2014

Kisah Perempuan Pakistan Korban Perdagangan Seks di UAE

Zunera dan Shaista (blur oleh redaksi). (Foto: AFP)

PAKISTAN, SATUHARAPAN.COM – Zunera, perempuan berusia 16 tahun asal Pakistan pernah bermimpi menjadi seorang insinyur komputer. Namun perempuan bermata cerah itu telah ditipu dalam prostitusi di Uni Arab Emirat (UAE), dan mengalami mimpi buruk dalam empat tahun kekejaman, kekerasan dan perkosaan.

Pakistan telah lama menjadi sumber penting tenaga kerja murah bagi negara Teluk itu, khususnya pada sektor konstruksi yang mengalami pertumbuhan besar. Namun menurut para pegiat dan pejabat, ratusan perempuan muda Pakistan juga diperdagangkan setiap tahun untuk memasok perdagangan seks yang berkembang di rumah bordil dan klub malam di Dubai. Zunera dan adiknya, Shaista, adalah dua dari mereka.

Lebih dari setahun setelah ia melarikan diri, Zunera masih merasakan sakit dan trauma akibat kekerasan, dan tubuhnya masih menyisakan bekas pukulan.

Bekas luka terlihat pada kakinya dari pergelangan kaki hingga ke pinggul, bekas operasi dari luka  ditembak tiga kali yang dilakukan oleh geng yang memperdagangkannya.

Zunera dan Shaista berhasil melarikan diri penyiksa mereka pada tahun 2013, namun dia hidup dalam persembunyian di sebuah rumah dua kamar di permukiman kumuh. Keduanya takut mendapat serangan balas dendam. AFP, menyamarkan nama lengkap mereka dan keberadaan mereka untuk keselamatan mereka.

Penderitaan mereka dimulai di kampung halamannya di Provinsi Punjab, ketika keluarga mendapat kesulitan uang, dan tetangga mereka bernama Ayesha menawarkan pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga.

Setelah beberapa waktu  Ayesha menyarankan dia bekerja sebagai di Dubai di sebuah salon kecantikannya. Dan dia, membuat surat palsu untuk membantu Zunera yang umurnya belum cukup untuk meninggalkan Pakistan dan bekerja di luar

Shaista begitu trauma dengan pengalamannya, sehingga dia hampir tidak bisa menceritakan siksaan yang mengerikan. Dengan menahan tangis, Zunera mengungkapkan kengerian yang  mereka alami  di Dubai.

Melayani Klien di Bandara

"Aisyah membawa kami ke toilet di bandar udara dan memberitahu kami bahwa kami akan melayani klien untuk seks," kata Zunera kepada  AFP.

"Kami mulai menangis dan kemudian dia mengatakan kepada kita bahwa kita berwisata untuk membuat dokumen palsu, dan jika kami mengatakan apa-apa, kami akan diserahkan kepada polisi di sana," kata dia menambahkan.

Dihadapkan dengan alternatif lain, para mereka pergi dengan Ayesha, dan berpikir mereka hanya berusaha menghindari melayani berhubungan seks dengan klien.

"Pertama kali, dia sendiri hadir di dalam ruangan dan membuat kami melakukan apa yang klien inginkan. Kami diperkosa di depannya dan dengan bantuannya," kata Zunera.

Setelah itu, Aisyah mengatakan kepada klien untuk menjaga telepon seluler mereka terhubung ke nomor teleponnya selama hubungan seksual, sehingga dia bisa mendengar apa yang terjadi , dan mengetahui jika mereka menolak untuk bekerja sama.

"Dia digunakan untuk menyiksa kami setiap kali kami menolak untuk melakukan tindakan seksual tertentu, dan dia mengatakan kepada kami bahwa dia tahu apa yang terjadi di dalam kamar tidur," kata Zunera.

Para wanita itu tidak diizinkan untuk pergi keluar atau bahkan berbicara satu sama lain secara bebas. Mereka bisa berbicara dengan keluarga mereka di Pakistan melalui telepon sesekali, tapi di bawah pengawasan.

"Dia menggunakan untuk mengalahkan salah satu dari kami, dan meminta adik yang lain untuk berbicara di telepon dengan orangtua kami, serta mengancam akan membunuh kami jika kami mengungkapkan  tentang rumah bordil," kenang Zunera.

Bebas dengan Tebusan

Dari waktu ke waktu Aisyah membawa perempuan kembali ke Pakistan untuk memperbaharui visa mereka, menakut-nakuti  mereka dan mengancam akan membunuh seluruh keluarga mereka jika mereka mengungkapkan kehidupan mereka yang telah ditipu.

Tapi pada akhirnya Maret 2013, mereka mendapatkan keberanian untuk menceritakan penderitaan mereka kepada  kakak mereka, Qamar. Akhirnya mereka memperoleh kebebasan, tetapi  dengan biaya sebagai tebusan.

"Saudara laki-laki Ayesha dan adik dari suaminya datang ke rumah kami. Mereka menembakkan tiga tembakan yang mengenai saya," kata Zunera.

"Di rumah sakit, dia mengirim polisi yang melecehkan saya dan meminta saya untuk mulai berjalan meskipun fakta bahwa kaki saya baru saja dioperasi operasi."

Keluarganya melarikan dia dari rumah sakit dan bersembunyi, karena tetangga mereka juga mulai melecehkan mereka untuk menjadi "pelacur".

Koneksi Pejabat

Keluarga Zunera membawa ke pengadilan kasus itu untuk mencoba untuk menghentikan lingkaran perdagangan manusia yang dijalankan Ayesha dan suaminya, Ashfaq. Pengadilan memerintahkan Badan Investigasi Federal (FIA) untuk bertindak, tetapi hanya  membuat sedikit kemajuan.

Pengacara Zulfiqar Ali Bhutta, yang berjuang untuk kasus Zunera, mengatakan bahwa geng perdagangan manusia itu sering memiliki koneksi  dengan para politisi dan polisi berpengaruh.

"Beberapa geng menyelundupkan puluhan perempuan muda dari Pakistan ke Dubai untuk dipaksa dalam rostitusi setiap minggu. Tidak ada yang mengambil tindakan terhadap mereka," kata Bhutta.

"Tersangka utama dalam kasus ini, Ashfaq, melarikan diri dari pengadilan di depan pejabat FIA. Mereka tidak menangkapnya meskipun pengadilan membatalkan jaminan itu," kata dia.

Sebuah laporan dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat terbaru  tentang penyelundupan manusia mengatakan pemerintah UEA melakukan upaya yang signifikan untuk mengatasi perdagangan seks, menyarankan penuntutan serta perlindungan bagi korban.

Pada 2013, laporan AS juga mengatakan, pemerintah UEA mengidentifikasi 40 korban dan menyebut mereka dibawa ke tempat penampungan yang didanai negara.  Tetapi upaya  yang dilakukan pemerintah UEA, tidak dilakukadi Pakistan, karena memerintah tidak peduli.

"Memang benar bahwa ratusan perempuan sedang dibawa ke Dubai untuk bekerja di salon kecantikan, dan menjadi bagian kelompok musik dan tari, tetapi tidak ada bukti bahwa salah satu dari mereka telah diselundupkan untuk prostitusi,"  kata Syed Shahid Hassan, Wakil Direktur FIA Faisalabad, kepada AFP.

Untuk kasus Zunera dan Shaista, penderitaan mereka telah mereda, tapi  trauma tidak berakhir. Ayesha telah menyerah kepada pengadilan, tapi dia dibebaskan dengan jaminan. Para perempuan itu sekarang hidup dalam ketakutan bahwa seorang pria bersenjata akan datang kembali untuk membalas mereka.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home