Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 14:24 WIB | Jumat, 22 Juni 2018

KJRI Osaka: Situasi Berangsur Normal Pascagempa 18 Juni

Gempa bumi melanda Osaka, Jepang, pada 18 Juni 2018, tiga orang dilaporkan tewas. (Foto: CNBC)

OSAKA, SATUHARAPAN.COM – Situasi di Prefektur Osaka dan sekitarnya pascagempa berangsur-angsur normal sejak Selasa, 19 Juni 2018.

Fasilitas transportasi publik seperti penerbangan, Shinkansen (kereta cepat), JR Line (commuter line), Metro Osaka (subway), dan bus kota umumnya telah kembali beroperasi. Akses terhadap utilitas seperti listrik, air dan gas di sekitar pusat gempa (Prefektur Osaka bagian utara) juga mulai pulih.

Japan Meteorological Agency (JMA) masih memberlakukan status peringatan terhadap kemungkinan gempa susulan dalam kurun waktu satu minggu setelah gempa tanggal 18 Juni 2018. Menurut JMA, bencana longsor juga berpotensi timbul akibat kombinasi curah hujan yang tinggi dalam minggu ini dan kondisi tanah pascagempa.

KJRI Osaka dalam siaran pers tertanggal 21 Juni 2018 mengimbau seluruh WNI yang berada di wilayah Prefektur Osaka dan sekitarnya terus memantau perkembangan melalui pemberitaan dan mengikuti petunjuk dari otoritas setempat hingga status peringatan JMA dicabut. WNI juga diimbau menyimpan nomor-nomor kontak penting untuk keperluan situasi darurat.

Nomor-nomor penting itu, di antaranya:

Hotline KJRI Osaka (24 jam) +81/0 80 3113 1003 (telepon, SMS, Whatsapp & Line)

Emergency Contact Prefektur Osaka:

Untuk WNI residen/menetap di Jepang: Tel 06-6941-2297, 080-4563-8084 (Layanan 24 jam Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang);

Untuk WNI wisatawan: http://ofw-oer.com/call/

Osaka Call Center, Osaka Convention & Tourism Bureau (Layanan 24 jam B. Inggris)

Website Prefektur Osaka khusus penanggulangan bencana: http://www.osaka-bousai.net.e.add.hp.transer.com/pref/index.html (kemlu.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home