Google+
Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Melki Pangaribuan 16:33 WIB | Rabu, 10 April 2019

KM Binaiya Gantikan Sementara KM AWU di NTT

KM Binaiya. (Antara Foto/ Jessica Wusang)

KUPANG, SATUHARAPAN.COM - PT. Pelayaran Indonesia (Pelni) akhirnya memutuskan untuk sementara mengirimkan Kapal Motor (KM) Binaiya ke wilayah NTT untuk mengantikan KM AWU yang sempat terbakar di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah pada 26 Maret lalu.

"Sudah ada penggantinya saat ini. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir lagi, karena sudah ada pengganti tetapi hanya sementara saja, sambil menunggu perbaikan KM AWU," kata Manager Operasi PT Pelni Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur Bastian Bethan saat kepada Antara di Kupang, Rabu (10/4).

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan perkembangan dari pergantian KM AWU, pascakapal tersebut diinformasikan terbakar di ruang kemudi saat docking pada 26 Maret 2019, namun kobaran api berhasil dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran.

Bastian menjelaskan bahwa kapal penganti itu akan tiba di Kupang pada 22 April bulan ini dan akan melayani pelayaran di NTT selama dua bulan kedepan.

"Saya kurang tahu KM AWU kapan selesai diperbaiki tetapi bahwa kapal Binaiya sudah pasti akan melayani penumpang di NTT selama dua bulan," ujar dia.

Ia menambahkan rute pelayaran KM Binaiya adalah Labuan Bajo, Benoa, Bima, Bontang, Surabaya, Kumai, Kupang, Kalabahi dan Ende.

Sedangkan rute pelayaran KM Awu yakni Bima, Benoa, Tanjung Perak, Waingapu, Ende, Kupang, Kalabahi, dan Kumai (Kota Waringin Barat).

Sebelumny Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis kepada wartawan di Kupang beberapa waktu lalu juga sudah mendesak agar Pelni segera mencari kapal pengganti bagi KM AWU.

"Kalau kapalnya rusak mesti ada pengganti, agar penumpang dengan rute yang dilayani oleh KM AWU tidak merugi," kata dia. (ANTARA)

 

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home