Loading...
INDONESIA
Penulis: Dany Brakha 11:48 WIB | Sabtu, 13 April 2013

Koalisi Pejalan Kaki Aktif Mengembalikan Fungsi Trotoar

Koalisi Pejalan Kaki Aktif Mengembalikan Fungsi Trotoar
Aksi Koalisi Pejalan Kaki di trotoat depan Balaikota DKI Jakarta Jumat (12/04). (foto: Dokumentasi Koalisi Pejalan Kaki)
Koalisi Pejalan Kaki Aktif Mengembalikan Fungsi Trotoar
Aksi Koalisi Pejalan Kaki di trotoat depan Balaikota DKI Jakarta.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Koalisi Pejalan Kaki di Jakarta memiliki agenda rutin berkumpul tiap hari Jumat guna menyampaikan solidaritas mereka pada pejalan kaki. “Lokasi yang dipilih untuk kumpul biasanya berubah-ubah berdasarkan pilihan teman-teman yang dibicarakan melalui media sosial”, kata koordinator Koalisi Pejalan Kaki Alfred Sitorus.

Berawal dari beberapa orang yang miris dengan tragedi di Tugu Tani. Kemudian video di Youtube yang merekam seorang wanita menghalau pengendara motor yang merampas fungsi trotoar . Akhirnya dari peristiwa seperti itulah muncul solidaritas yang kemudian berubah menjadi ikatan pemersatu antar aktivis peduli pejalan kaki.

Bahkan hingga sekarang Koalisi Pejalan Kaki sudah berkembang di daerah lain juga. “Selain di Jakarta Koalisi Pejalan Kaki sudah ada di Yogyakarta, Bogor, Palembang, dan Solo”, tandas Sitorus. “Seperti Jogja misalnya, karena adanya kemauan dari pemimpin kota dan masyarakat maka pembuatan dan pembenahan trotoar dapat dalam rangka optimalisasi fungsinya”, tambah dia.

Sitorus berharap Koalisi Pejalan Kaki dapat tumbuh di banyak kota di Indonesia, DKI seharusnya menjadi contoh bagi kota-koya lainnya.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home