Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 13:01 WIB | Selasa, 18 Maret 2014

Koleksi Karya John Lennon akan Dilelang

Balai lelang Sothebys di Kota New York. (Foto: sothebys.com)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Koleksi pribadi terbesar mulai dari lukisan, puisi, dan prosa dari tokoh The Beatles, John Lennon, yang pernah dipasarkan, akan dilelang di Sotheby’s, New York, Amerika Serikat, pada 4 Juni, kata balai lelang internasional itu, Senin (17/3).

Barang-barang tersebut terdiri atas material asli dalam wujud dua buku karya anggota The Beatles yang telah almarhum itu In His Own Write, yang diterbitkan 50 tahun lalu, dan A Spaniard in the Work yang masuk dalam daftar buku terlaris pada 1965.

Salah satu dari 89 koleksinya adalah panduan satiris menuju kampung halaman Lennon, Liverpool, dengan kisaran harga 12.000 sampai 15.000 dolar AS (sekitar Rp 135,5-Rp 169,4 juta), dan manuskrip asli dari puisi karyanya The Fat Budgie yang diperkirakan akan terjual sampai 35.000 dolar AS (sekitar Rp 395,2 juta).

Benda-benda tersebut berasal dari koleksi pribadi penerbit London Tom Maschler, yang mengingatkan kembali saat ia mendorong Lennon mengembangkan bakat menulisnya pada periode justru ketika Beatles menciptakan revolusi musik pop.

“Mengenang kembali proses kreatif yang menghasilkan buku-buku luar biasa ini, dan hubungan saya dengannya selama itu dan setelahnya, membuat saya sadar saya sangat merindukannya,” kata Maschler, pencipta Penghargaan Booker.

Sotheby’s mengatakan, sebelum dijual, koleksi itu akan dipamerkan di ruang pamer mereka di London mulai Jumat sampai 25 Maret dan di New York mulai 28 Maret sampai sehari sebelum pelelangan. (AFP/Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home